Rabu, 18 November 2015

KISI KISI SOAL UJIAN AKHIR SEMESTER GANJIL




KISI-KISI SOAL UAS SEMESTER GANJIL
BAHASA INDONESIA KELAS VI 
SD/MI 



KISI KISI SOAL UJIAN AKHIR SEMESTER GANJIL  KISI KISI SOAL UJIAN AKHIR SEMESTER GANJIL



SK
KD
KLS
MATERI
INDIKATOR SOAL
BENTUK
NO
Mendengarkan
1.      Memahami teks dan cerita anak yang dibacakan
1.1Menulis hal-hal penting/pokok dari suatu teks yang dibacakan  





1.2  Mengidentifikasi tokoh, watak , latar, tema atau amanat dari cerita anak yang dibacakan
VI



VI



VI



VI



VI



VI




VI



VI



VI



VI



VI
Teks, membaca intensif, jenis-jenis paragraf 


Teks, membaca intensif, jenis-jenis paragraf 


Teks, membaca intensif, jenis-jenis paragraf


Unsur intrinsik dan unsur ekstrinsik


Unsur intrinsik dan unsur ekstrinsik 


Unsure intrinsic dan unsure ekstrinsik



Unsur intrinsic dan unsure ekstrinsik


Unsure intrinsic dan unsure ekstrinsik


Unsur intrinsik dan unsur ekstrinsik


Unsur intrinsik dan unsur ekstrinsik


Peribahasa dan arti kata ungkapan, kesusastraan
v Disajikan teks siswa mampu menentukan hal-hal penting dari  isi teks dengan kata tanya

v Disajikan teks siswa mampu menentukan jawaban dari isi teks dengan kata tanya

v Disajikan teks siswa mampu menentukan jawaban dari isi teks sesuai dengan kata tanya

v Disajikan kutipan cerita pendek anak siswa mampu menentukan unsur intrinsik (tokoh)

v Disajikan kutipan cerita pendek anak siswa mampu menentukan unsur intrinsik (watak)

v Disajikan ilustrasi kutipan cerita pendek anak siswa mampu menentukan unsure intrinsic (latar)

v Disajikan cuplikan cerita pendek anak siswa mampu menentukan unsure intrinsic (tema) 

v Disajikan kutipan cerita pendek anak siswa mampu menentukan unsure intrinsic (amanat)

v Disajikan kutipan cerita pendek siswa mampu menentukan latar dari unsur intrinsik  cerita

v Siswa mampu menjelaskan pengertian dari unsur intrinsik dan menyebutkan unsur tersebut

v Siswa mampu menjelaskan maksud dua peribahasa     

Pilihan ganda



Pilihan ganda



Pilihan ganda



Pilihan ganda



Pilihan ganda




Pilihan ganda



Pilihan ganda



Pilihan ganda

Isian

Uraian

Uraian
1



2



3



4



5




6



7



8



39



46



47


Berbicara
2.      Memberikan informasi dan tanggapan secara lisan  
2.1Menyampaikan  pesan/informasi yang diperoleh dari berbagai media  dengan bahasa yang runtut, baik dan benar









2.2  Menanggapi (mengkritik/memuji)  sesuatu hal disertai alasan dengan menggunakan bahasa yang santun
VI





VI





VI






VI





VI




VI




VI




VI
Pengertian pemberitahuan, informasi, dan media cetak, massa, serta media elektronik

Pengertian pemberitahuan, informasi, dan media cetak, massa, serta media elektronik

Pengertian pemberitahuan, informasi, dan media cetak, massa, serta media elektronik


Pengertian tanggapan (mengkritik/memuji), santun berbahasa tulis dan lisan


Pengertian tanggapan (mengkritik, memuji, saran) santun berbahasa tulis dan lisan

Pengertian tanggapan (mengkritik, memuji, saran) santun berbahasa tulis dan lisan

Pengertian tanggapan (mengkritik, memuji, saran) santun berbahasa tulis dan lisan

Pengertian tanggapan (mengkritik, memuji, saran) santun berbahasa tulis dan lisan

v Disajikan ilustrasi kalimat tanya tentang pemberitahuan atau berita siswa mampu menentukan pengertian dari pernyataan tersebut  


v Disajikan kalimat tanya tentang penyampaian informasi siswa mampu menentukan penggunaan bahasa dalam menyampaikan informasi


v  Siswa mampu menyebutkan maksud dari pemberitahuan atau berita   


v Disajikan cuplikan permasalahan tentang kehidupan sehari-hari siswa mampu menentukan tanggapan berupa (kritikan/pujian)

v Disajikan cuplikan permasalahan tentang tanggapan siswa mampu menentukan kalimat kritikan


v Disajikan kutipan permasalahan tentang kehidupan sehari-hari siswa mampu menentukan kalimat pujiannya

v Siswa mampu menyebutkan arti kata objektif dalam menyampaikan kritik terhadap seseorang

v Disajikan gambar kegiatan anak sehari-hari siswa mampu membubuhkan kalimat pujian  
Pilihan ganda





Pilihan ganda






Isian





Pilihan ganda





Pilihan ganda




Pilihan ganda




Isian



Uraian
9





10






38





11





12




13




43



49
Membaca
3.      Memahami teks dengan membaca intensif dan membaca sekilas 
3.1Mendeskripsikan isi dan teknik penyajian suatu laporan hasil pengamatan/kunjungan















3.2  Menanggapi informasi dari kolom/rubrik  khusus (majalah anak, koran, dll.)    
VI





VI


VI


VI





VI





VI




VI




VI




VI
Pengertian deskripsi laporan, pengamatan, kunjungan, dan hal-hal yang ada dalam format laporan hasil pengamatan

Pengertian deskripsi laporan, pengamatan, kunjungan, dan hal-hal yang ada dalam format laporan hasil pengamatan

Pengertian deskripsi laporan, pengamatan, kunjungan, dan hal-hal yang ada dalam format laporan hasil pengamatan

Pengertian deskripsi laporan, pengamatan, kunjungan, dan hal-hal yang ada dalam format laporan hasil pengamatan

Pengertian tanggapan dan jenisnya, pengertian informasi atau berita dan rubrik khusus

Pengertian tanggapan dan jenisnya, pengertian informasi atau berita dan rubrik khusus

Pengertian tanggapan dan jenisnya, pengertian informasi atau berita dan rubrik khusus

Pengertian tanggapan dan jenisnya, pengertian informasi atau berita dan rubrik khusus

v Disajikan kalimat pertanyaan tentang hal-hal yang harus ada dalam laporan siswa mampu menentukannya


v Disajikan kalimat pertanyaan tentang hal yang harus dipersiapkan dalam pengamatan/wawancara siswa mampu menentukannya


v Disajikan kalimat pertanyaan tentang cirri-ciri kalimat dalam deskripsi laporan pengamatan siswa mampu menentukan laporannya


v Disajikan kalimat proses pengamatan siswa mampu menentukan jenis bagian laporan pengamatan


v Disajikan kutipan dari kolom/rubrik khusus suatu majalah anak siswa mampu menentukan tanggapan yang sesuai

v Disajikan kalimat pertanyaan tentang menentukan pengertian rubrik khusus siswa mampu menentukannya


v Disajikan beberapa macam syarat dalam teknik membaca intensif siswa mampu menentukan cara yang tepat dalam membaca

v Siswa mampu menentukan jenis kolom khusus anak yang ada di majalah anak   
Pilihan ganda





Pilihan ganda





Pilihan ganda





Pilihan ganda





Isian




Pilihan ganda





Pilihan ganda




Pilihan ganda
14





15





16





17





40




18





19




20
Menulis
4.      Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi secara tertulis dalam bentuk formulir, ringkasan, dialog, dan parafrase
4.1Mengisi formulir (pendaftaran, kartu anggota, wesel pos, kartu pos,  daftar riwayat hidup, dll.) dengan benar




















4.2Membuat ringkasan dari teks yang dibaca atau yang didengar







































4.3Menyusun percakapan tentang berbagai topik dengan memperhatikan penggunaan ejaan









                                



4.4  Mengubah puisi ke dalam bentuk prosa dengan tetap memperhatikan makna puisi
VI




VI




VI




VI




VI




VI




VI





VI





VI





VI







VI





VI





VI





VI





VI





VI




VI



VI




VI



VI





VI



VI



VI
Pengertian formulir atau isian data diri seseorang, dan surat daftar riwayat hidup

Pengertian formulir atau isian data diri seseorang, dan surat daftar riwayat hidup

Pengertian formulir atau isian data diri seseorang, dan surat daftar riwayat hidup

Pengertian formulir atau isian data diri seseorang, dan surat daftar riwayat hidup

Pengertian formulir atau isian data diri seseorang, dan surat daftar riwayat hidup

Pengertian formulir atau isian data diri seseorang, dan surat daftar riwayat hidup

Pengertian formulir atau isian data diri seseorang, dan surat daftar riwayat hidup


Pengertian ringkasan, karangan, cirri-ciri ringkasan yang baik. Jenis-jenis paragraf atau karangan

Pengertian ringkasan, karangan, cirri-ciri ringkasan yang baik. Jenis-jenis paragraf atau karangan

Pengertian ringkasan, karangan, cirri-ciri ringkasan yang baik. Jenis-jenis paragraf atau karangan



Pengertian ringkasan, karangan, cirri-ciri ringkasan yang baik. Jenis-jenis paragraf atau karangan

Pengertian ringkasan, karangan, cirri-ciri ringkasan yang baik. Jenis-jenis paragraf atau karangan

Pengertian ringkasan, karangan, cirri-ciri ringkasan yang baik. Jenis-jenis paragraf atau karangan

Pengertian ringkasan, karangan, cirri-ciri ringkasan yang baik. Jenis-jenis paragraf atau karangan

Pengertian ringkasan, karangan, cirri-ciri ringkasan yang baik. Jenis-jenis paragraf atau karangan

Percakapan, kalimat langsung dan tidak langsung, dan tanda baca


Percakapan, kalimat langsung dan tidak langsung, dan tanda baca

Percakapan, kalimat langsung dan tidak langsung, dan tanda baca


Arti kata, sinonim, dan antonym


Percakapan, kalimat langsung dan tidak langsung, dan tanda baca



Para frase, unsur dan cirri-ciri  puisi, cara membaca puisi yang baik

Para frase, unsur dan cirri-ciri  puisi, cara membaca puisi yang baik

Para frase, unsur dan cirri-ciri  puisi, cara membaca puisi yang baik
v Siswa mampu menentukan pengertian formulir pendaftaran suatu pendaftaran anggota organisasi sekolah

v Siswa mampu melengkapi kalimat yang rumpang tentang formulir pendaftaran anggota organisasi sekolah

v Disajikan penulisan daftar riwayat hidup rumpang dan acak siswa mampu menyusunnya dengan baik


v Disajikan kalimat pertanyaan tentang persamaan kata siswa mampu menentukannya   


v Siswa mampu menentukan bahasa yang digunakan dalam menulis formulir pendaftaran


v Siswa mampu membedakan antara contoh formulir dan bukan formulir (isian lembaran pendaftaran)


v Siswa mampu menentukan salah satu fungsi dari daftar riwayat hidup dalam kegiatan sehari-hari



v Siswa mampu menentukan cirri-ciri yang bukan ringkasan yang baik dan benar



v Disajikan tentang keterangan cirri-ciri ringkasan yang baik dan representatif siswa mampu menentukan maksud dari cirri-ciri ringkasan yang baik


v Siswa mampu menentukan apa yang harus dipersiapkan sebelum meringkas suatu bacaan




v Siswa mampu menentukan salah satu manfaat meringkas suatu bacaan dengan baik



v Siswa mampu menentukan salah satu cara yang memudahkan dalam membuat ringkasan yang baik dan benar


v Disajikan paragraf siswa mampu menentukan kalimat utamanya




v Disajikan paragraf siswa mampu menentukan kalimat ringkasannya yang baik pada paragraf



v Disajikan kalimat judul yang masih rumpang siswa mampu menentukan penulisan judul paragraf yang baik dan benar 

v Disajikan kutipan kalimat percakapan siswa mampu melengkapi dalam hal tanda baca percakapan


v Disajikan kalimat yang tercantum kata bersinonim siswa mampu menentukan kata bersinonim

v  Disajikan kalimat yang masih rumpang siswa mampu menentukan imbuhan kata dalam kurung yang dimaksud

v Disajikan kalimat yang terdapat kata ungkapan siswa mampu menentukan arti kata ungkapan

v Disajikan kalimat percakapan yang masih rumpang siswa mampu menyusunnya dengan menggunakan tanda baca yang baik dan benar


v Siswa mampu menjelaskan maksud kegiatan mengubah puisi menjadi bentuk prosa

v   Siswa mampu menentukan arti dari makna tersurat pada puisi ilustrasi


v Disajikan bait-bait puisi siswa mampu mengubah ke dalam bentuk prosa atau menulis dengan kata-kata sendiri

Pilihan ganda




Pilihan ganda




Pilihan ganda




Pilihan ganda



Pilihan ganda

Pilihan ganda


Pilihan ganda


Pilihan ganda


Pilihan ganda



Pilihan ganda



Pilihan ganda


Pilihan ganda


Pilihan ganda


Pilihan ganda


Pilihan ganda


Isian


Isian


Isian


Isian

Uraian


Isian

Isian

Uraian
21




22




23




24




25




26




27





28





29






30






31





32




33






34





35




36



37




42




44

45

48

41

50


Artikel Terkait

KISI KISI SOAL UJIAN AKHIR SEMESTER GANJIL
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email