KISI-KISI SOAL UAS SEMESTER GANJIL
BAHASA INDONESIA KELAS VI
SD/MI
SK
|
KD
|
KLS
|
MATERI
|
INDIKATOR
SOAL
|
BENTUK
|
NO
|
Mendengarkan
1.
Memahami teks dan cerita anak yang
dibacakan
|
1.1Menulis hal-hal penting/pokok
dari suatu teks yang dibacakan
1.2 Mengidentifikasi tokoh, watak
, latar, tema atau amanat dari cerita anak yang dibacakan
|
VI
VI
VI
VI
VI
VI
VI
VI
VI
VI
VI
|
Teks, membaca intensif, jenis-jenis paragraf
Teks, membaca intensif, jenis-jenis paragraf
Teks, membaca intensif, jenis-jenis paragraf
Unsur intrinsik dan unsur ekstrinsik
Unsur intrinsik dan unsur ekstrinsik
Unsure intrinsic dan unsure ekstrinsik
Unsur intrinsic dan unsure ekstrinsik
Unsure intrinsic dan unsure ekstrinsik
Unsur intrinsik dan unsur ekstrinsik
Unsur intrinsik dan unsur ekstrinsik
Peribahasa dan arti kata ungkapan, kesusastraan
|
v Disajikan teks siswa mampu menentukan hal-hal penting dari isi teks dengan kata tanya
v Disajikan teks siswa mampu menentukan jawaban dari isi teks dengan
kata tanya
v Disajikan teks siswa mampu menentukan jawaban dari isi teks sesuai
dengan kata tanya
v Disajikan kutipan cerita pendek anak siswa mampu menentukan unsur
intrinsik (tokoh)
v Disajikan kutipan cerita pendek anak siswa mampu menentukan unsur
intrinsik (watak)
v Disajikan ilustrasi kutipan cerita pendek anak siswa mampu menentukan
unsure intrinsic (latar)
v Disajikan cuplikan cerita pendek anak siswa mampu menentukan unsure
intrinsic (tema)
v Disajikan kutipan cerita pendek anak siswa mampu menentukan unsure
intrinsic (amanat)
v Disajikan kutipan cerita pendek siswa mampu menentukan latar dari unsur
intrinsik cerita
v Siswa mampu menjelaskan pengertian dari unsur intrinsik dan
menyebutkan unsur tersebut
v Siswa mampu menjelaskan maksud dua peribahasa
|
Pilihan ganda
Pilihan ganda
Pilihan ganda
Pilihan ganda
Pilihan ganda
Pilihan ganda
Pilihan ganda
Pilihan ganda
Isian
Uraian
Uraian
|
1
2
3
4
5
6
7
8
39
46
47
|
Berbicara
2. Memberikan informasi dan tanggapan secara lisan
|
2.1Menyampaikan
pesan/informasi yang diperoleh dari berbagai media dengan bahasa yang runtut, baik dan benar
2.2 Menanggapi (mengkritik/memuji) sesuatu hal disertai alasan dengan
menggunakan bahasa yang santun
|
VI
VI
VI
VI
VI
VI
VI
VI
|
Pengertian pemberitahuan, informasi, dan media cetak, massa, serta
media elektronik
Pengertian pemberitahuan, informasi, dan media cetak, massa, serta
media elektronik
Pengertian pemberitahuan, informasi, dan media cetak, massa, serta
media elektronik
Pengertian tanggapan (mengkritik/memuji), santun berbahasa tulis dan
lisan
Pengertian tanggapan (mengkritik, memuji, saran) santun berbahasa
tulis dan lisan
Pengertian tanggapan (mengkritik, memuji, saran) santun berbahasa
tulis dan lisan
Pengertian tanggapan (mengkritik, memuji, saran) santun berbahasa
tulis dan lisan
Pengertian tanggapan (mengkritik, memuji, saran) santun berbahasa
tulis dan lisan
|
v Disajikan ilustrasi kalimat tanya tentang pemberitahuan atau berita
siswa mampu menentukan pengertian dari pernyataan tersebut
v Disajikan kalimat tanya tentang penyampaian informasi siswa mampu
menentukan penggunaan bahasa dalam menyampaikan informasi
v Siswa mampu menyebutkan maksud
dari pemberitahuan atau berita
v Disajikan cuplikan permasalahan tentang kehidupan sehari-hari siswa
mampu menentukan tanggapan berupa (kritikan/pujian)
v Disajikan cuplikan permasalahan tentang tanggapan siswa mampu
menentukan kalimat kritikan
v Disajikan kutipan permasalahan tentang kehidupan sehari-hari siswa
mampu menentukan kalimat pujiannya
v Siswa mampu menyebutkan arti kata objektif
dalam menyampaikan kritik terhadap seseorang
v Disajikan gambar kegiatan anak sehari-hari siswa mampu membubuhkan
kalimat pujian
|
Pilihan ganda
Pilihan ganda
Isian
Pilihan ganda
Pilihan ganda
Pilihan ganda
Isian
Uraian
|
9
10
38
11
12
13
43
49
|
Membaca
3. Memahami teks dengan membaca
intensif dan membaca sekilas
|
3.1Mendeskripsikan isi dan teknik penyajian suatu laporan
hasil pengamatan/kunjungan
3.2 Menanggapi informasi dari
kolom/rubrik khusus (majalah anak,
koran, dll.)
|
VI
VI
VI
VI
VI
VI
VI
VI
VI
|
Pengertian deskripsi laporan, pengamatan, kunjungan, dan hal-hal yang
ada dalam format laporan hasil pengamatan
Pengertian deskripsi laporan, pengamatan, kunjungan, dan hal-hal yang
ada dalam format laporan hasil pengamatan
Pengertian deskripsi laporan, pengamatan, kunjungan, dan hal-hal yang
ada dalam format laporan hasil pengamatan
Pengertian deskripsi laporan, pengamatan, kunjungan, dan hal-hal yang
ada dalam format laporan hasil pengamatan
Pengertian tanggapan dan jenisnya, pengertian informasi atau berita
dan rubrik khusus
Pengertian tanggapan dan jenisnya, pengertian informasi atau berita
dan rubrik khusus
Pengertian tanggapan dan jenisnya, pengertian informasi atau berita
dan rubrik khusus
Pengertian tanggapan dan jenisnya, pengertian informasi atau berita
dan rubrik khusus
|
v
Disajikan kalimat
pertanyaan tentang hal-hal yang harus ada dalam laporan siswa mampu
menentukannya
v Disajikan kalimat pertanyaan tentang hal yang harus dipersiapkan dalam
pengamatan/wawancara siswa mampu menentukannya
v Disajikan kalimat pertanyaan tentang cirri-ciri kalimat dalam
deskripsi laporan pengamatan siswa mampu menentukan laporannya
v Disajikan kalimat proses pengamatan siswa mampu menentukan jenis
bagian laporan pengamatan
v Disajikan kutipan dari kolom/rubrik khusus suatu majalah anak siswa
mampu menentukan tanggapan yang sesuai
v Disajikan kalimat pertanyaan tentang menentukan pengertian rubrik
khusus siswa mampu menentukannya
v Disajikan beberapa macam syarat dalam teknik membaca intensif siswa
mampu menentukan cara yang tepat dalam membaca
v Siswa mampu menentukan jenis kolom khusus anak yang ada di majalah
anak
|
Pilihan ganda
Pilihan ganda
Pilihan ganda
Pilihan ganda
Isian
Pilihan ganda
Pilihan ganda
Pilihan ganda
|
14
15
16
17
40
18
19
20
|
Menulis
4.
Mengungkapkan
pikiran, perasaan, dan informasi secara tertulis dalam bentuk formulir, ringkasan, dialog,
dan parafrase
|
4.1Mengisi formulir (pendaftaran,
kartu anggota, wesel pos, kartu pos, daftar
riwayat hidup, dll.) dengan benar
4.2Membuat
ringkasan dari teks yang dibaca atau yang didengar
4.3Menyusun
percakapan tentang berbagai topik dengan memperhatikan penggunaan ejaan
4.4 Mengubah puisi
ke dalam bentuk prosa dengan tetap memperhatikan makna puisi
|
VI
VI
VI
VI
VI
VI
VI
VI
VI
VI
VI
VI
VI
VI
VI
VI
VI
VI
VI
VI
VI
VI
VI
|
Pengertian formulir atau isian data diri seseorang, dan surat daftar
riwayat hidup
Pengertian formulir atau isian data diri seseorang, dan surat daftar
riwayat hidup
Pengertian formulir atau isian data diri seseorang, dan surat daftar
riwayat hidup
Pengertian formulir atau isian data diri seseorang, dan surat daftar
riwayat hidup
Pengertian formulir atau isian data diri seseorang, dan surat daftar
riwayat hidup
Pengertian formulir atau isian data diri seseorang, dan surat daftar
riwayat hidup
Pengertian formulir atau isian data diri seseorang, dan surat daftar
riwayat hidup
Pengertian ringkasan, karangan, cirri-ciri ringkasan yang baik. Jenis-jenis
paragraf atau karangan
Pengertian ringkasan, karangan, cirri-ciri ringkasan yang baik.
Jenis-jenis paragraf atau karangan
Pengertian ringkasan, karangan, cirri-ciri ringkasan yang baik.
Jenis-jenis paragraf atau karangan
Pengertian ringkasan, karangan, cirri-ciri ringkasan yang baik.
Jenis-jenis paragraf atau karangan
Pengertian ringkasan, karangan, cirri-ciri ringkasan yang baik.
Jenis-jenis paragraf atau karangan
Pengertian ringkasan, karangan, cirri-ciri ringkasan yang baik.
Jenis-jenis paragraf atau karangan
Pengertian ringkasan, karangan, cirri-ciri ringkasan yang baik.
Jenis-jenis paragraf atau karangan
Pengertian ringkasan, karangan, cirri-ciri ringkasan yang baik.
Jenis-jenis paragraf atau karangan
Percakapan, kalimat langsung dan tidak langsung, dan tanda baca
Percakapan, kalimat langsung dan tidak langsung, dan tanda baca
Percakapan, kalimat langsung dan tidak langsung, dan tanda baca
Arti kata, sinonim, dan antonym
Percakapan, kalimat langsung dan tidak langsung, dan tanda baca
Para frase, unsur dan cirri-ciri
puisi, cara membaca puisi yang baik
Para frase, unsur dan cirri-ciri
puisi, cara membaca puisi yang baik
Para frase, unsur dan cirri-ciri
puisi, cara membaca puisi yang baik
|
v
Siswa mampu menentukan
pengertian formulir pendaftaran suatu pendaftaran anggota organisasi sekolah
v Siswa mampu melengkapi kalimat yang rumpang tentang formulir
pendaftaran anggota organisasi sekolah
v Disajikan penulisan daftar riwayat hidup rumpang dan acak siswa mampu
menyusunnya dengan baik
v Disajikan kalimat pertanyaan tentang persamaan kata siswa mampu
menentukannya
v Siswa mampu menentukan bahasa yang digunakan dalam menulis formulir
pendaftaran
v Siswa mampu membedakan antara contoh formulir dan bukan formulir (isian
lembaran pendaftaran)
v Siswa mampu menentukan salah satu fungsi dari daftar riwayat hidup
dalam kegiatan sehari-hari
v Siswa mampu menentukan cirri-ciri yang bukan ringkasan yang baik dan
benar
v Disajikan tentang keterangan cirri-ciri ringkasan yang baik dan
representatif siswa mampu menentukan maksud dari cirri-ciri ringkasan yang
baik
v Siswa mampu menentukan apa yang harus dipersiapkan sebelum meringkas
suatu bacaan
v Siswa mampu menentukan salah satu manfaat meringkas suatu bacaan
dengan baik
v Siswa mampu menentukan salah satu cara yang memudahkan dalam membuat
ringkasan yang baik dan benar
v Disajikan paragraf siswa mampu menentukan kalimat utamanya
v Disajikan paragraf siswa mampu menentukan kalimat ringkasannya yang
baik pada paragraf
v Disajikan kalimat judul yang masih rumpang siswa mampu menentukan
penulisan judul paragraf yang baik dan benar
v Disajikan kutipan kalimat percakapan siswa mampu melengkapi dalam hal
tanda baca percakapan
v Disajikan kalimat yang tercantum kata bersinonim siswa mampu
menentukan kata bersinonim
v Disajikan kalimat yang masih
rumpang siswa mampu menentukan imbuhan kata dalam kurung yang dimaksud
v Disajikan kalimat yang terdapat kata ungkapan siswa mampu menentukan
arti kata ungkapan
v Disajikan kalimat percakapan yang masih rumpang siswa mampu
menyusunnya dengan menggunakan tanda baca yang baik dan benar
v Siswa mampu menjelaskan maksud kegiatan mengubah puisi menjadi bentuk
prosa
v Siswa mampu menentukan arti
dari makna tersurat pada puisi ilustrasi
v Disajikan bait-bait puisi siswa mampu mengubah ke dalam bentuk prosa
atau menulis dengan kata-kata sendiri
|
Pilihan ganda
Pilihan ganda
Pilihan ganda
Pilihan ganda
Pilihan ganda
Pilihan ganda
Pilihan ganda
Pilihan ganda
Pilihan ganda
Pilihan ganda
Pilihan ganda
Pilihan ganda
Pilihan ganda
Pilihan ganda
Pilihan ganda
Isian
Isian
Isian
Isian
Uraian
Isian
Isian
Uraian
|
21
22
23
24
25
26
27
28
29
30
31
32
33
34
35
36
37
42
44
45
48
41
50
|
KISI KISI SOAL UJIAN AKHIR SEMESTER GANJIL
4/
5
Oleh
INFORMASI PENDIDIKAN