Jumat, 20 November 2015

Contoh Instrumen Penilaian Kepribadian Siswa




Contoh Instrumen Penilaian Kepribadian Siswa 
Nama Siswa                : ………………………………………………Kelas : …………....................
Nama Sek/Mad           : ………………………………………………Tahun Pelajaran :.……/…….
Mata Pelajaran            : ……………………………………………    Semester : ………….……....
Nama Guru/Penilai      : …………………………………………………………………….............. 
NO
Aspek
Indikator
Penilaian
Jml
5
4
3
2
1

1
Kelakuan
a. Berbicara sopan dan menghormati guru





……
Nilai
……
b.Berbicara sopan dan menghargai sesama teman





c.Berkata jujur dan menepati janji serta bertanggung jawab





d.Memelihara sarana prasarana dan lingkungan sekolah/madrasah





e.Menjaga ketertiban dan keamanan di kelas maupun di sekolah





2
Kedisiplinan (Kerajinan)
a.Aktif mengikuti pembelajaran, masuk sekolah/madrasah





……
Nilai
……
b.Mengikuti kegiatan yang diadakan sekolah/madrasah





c.Mengerjakan tugas yang diberikan guru dan sekolah/madrasah





d.Melaksanakan tata tertib atau peraturan sekolah/madrasah





e.Melaksanakan ritual ibadah sesuai agama dan keyakinannya





3
Kebersihan
a.Menjaga kebersihan pakaian seragam





…….
Nilai
…….
b.Menjaga kebersihan pada anggota badan, misalnya kuku dll.





c.Memelihara kebersihan di ruang belajar/kelas/ruang lainnya





d.Memelihara kebersihan di lingkungan sekolah/madrasah





e.Membuang sampah pada tempatnya





4
Kerapian
a.Berpakaian seragam sesuai ketentuan





……
Nilai
……
b.Memakai badge dan atribut seragam  sekolah/madrasah





c.Rambut siswa pendek rapi dan siswi menyesuaikan berkerudung





d.Merapikan barang milik pribadi siswa sesuai tempatnya





e.Merapikan barang/sesuatu milik sekolah/madrasah sesuai tempatnya





5
Jumlah







6
Nilai Keseluruhan
Jumlah nilai : ………… 4 = ……………..( A - B - C - D ) lingkari






Jombang,………………………
Mengetahui
Kepala Madrasah                                                                                          Guru Mata Pelajaran

ISAROH, M. Pd. I.                                                                                     ……………………..
KETERANGAN PENILAIAN
1.      Setiap aspek dan indikator dinilai berdasarkan pengamatan guru terhadap individu siswanya
2.      Setiap aspek mempunyai 5 indikator. Nilai maksimum setiap indicator adalah 5 sehingga nilai maksimum setiap aspek adalah 25
3.      Adapun criteria penilaiannya adalah :
a.       Apabila jumlah nilai setiap aspek adalah 21 s/d 25 maka penilaiannya A atau 4 (Amat baik)
b.      Apabila jumlah nilai setiap aspek adalah 16 s/d 20 maka penilaiannya B atau 3 (Baik)
c.       Apabila jumlah nilai setiap aspek adalah 10 s/d 15 maka penilaiannya C atau 2 (Cukup)
d.      Apabila jumlah nilai setiap aspek adalah kurang dari 10 maka penilaiannya K atau 1 (Kurang Baik)
4.      Nilai total keseluruhan adalah jumlah nilai nomor 1 s/d 4 dan hasilnya dibagi 4 Kriteria penilaian sama nomor 3

5.      Selain instrument ini, diharapkan guru juga memiliki buku catatan anekdot atau kejadian siswa 


Artikel Terkait

Contoh Instrumen Penilaian Kepribadian Siswa
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email