Contoh Instrumen Penilaian Kepribadian Siswa
Nama Siswa : ………………………………………………Kelas :
…………....................
Nama Sek/Mad :
………………………………………………Tahun Pelajaran :.……/…….
Mata Pelajaran :
…………………………………………… Semester : ………….……....
Nama Guru/Penilai :
……………………………………………………………………..............
NO
|
Aspek
|
Indikator
|
Penilaian
|
Jml
|
||||
5
|
4
|
3
|
2
|
1
|
||||
1
|
Kelakuan
|
a.
Berbicara sopan dan menghormati guru
|
……
Nilai
……
|
|||||
b.Berbicara
sopan dan menghargai sesama teman
|
||||||||
c.Berkata
jujur dan menepati janji serta bertanggung jawab
|
||||||||
d.Memelihara
sarana prasarana dan lingkungan sekolah/madrasah
|
||||||||
e.Menjaga
ketertiban dan keamanan di kelas maupun di sekolah
|
||||||||
2
|
Kedisiplinan (Kerajinan)
|
a.Aktif
mengikuti pembelajaran, masuk sekolah/madrasah
|
……
Nilai
……
|
|||||
b.Mengikuti
kegiatan yang diadakan sekolah/madrasah
|
||||||||
c.Mengerjakan
tugas yang diberikan guru dan sekolah/madrasah
|
||||||||
d.Melaksanakan
tata tertib atau peraturan sekolah/madrasah
|
||||||||
e.Melaksanakan
ritual ibadah sesuai agama dan keyakinannya
|
||||||||
3
|
Kebersihan
|
a.Menjaga
kebersihan pakaian seragam
|
…….
Nilai
…….
|
|||||
b.Menjaga
kebersihan pada anggota badan, misalnya kuku dll.
|
||||||||
c.Memelihara
kebersihan di ruang belajar/kelas/ruang lainnya
|
||||||||
d.Memelihara
kebersihan di lingkungan sekolah/madrasah
|
||||||||
e.Membuang
sampah pada tempatnya
|
||||||||
4
|
Kerapian
|
a.Berpakaian
seragam sesuai ketentuan
|
……
Nilai
……
|
|||||
b.Memakai
badge dan atribut seragam
sekolah/madrasah
|
||||||||
c.Rambut
siswa pendek rapi dan siswi menyesuaikan berkerudung
|
||||||||
d.Merapikan
barang milik pribadi siswa sesuai tempatnya
|
||||||||
e.Merapikan
barang/sesuatu milik sekolah/madrasah sesuai tempatnya
|
||||||||
5
|
Jumlah
|
|||||||
6
|
Nilai Keseluruhan
|
Jumlah
nilai : ………… 4 = ……………..( A - B - C - D ) lingkari
|
Jombang,………………………
Mengetahui
Kepala Madrasah Guru
Mata Pelajaran
ISAROH,
M. Pd. I. ……………………..
KETERANGAN
PENILAIAN
1. Setiap
aspek dan indikator dinilai berdasarkan pengamatan guru terhadap individu
siswanya
2. Setiap
aspek mempunyai 5 indikator. Nilai maksimum setiap indicator adalah 5 sehingga
nilai maksimum setiap aspek adalah 25
3. Adapun
criteria penilaiannya adalah :
a. Apabila
jumlah nilai setiap aspek adalah 21 s/d 25 maka penilaiannya A atau 4 (Amat
baik)
b. Apabila
jumlah nilai setiap aspek adalah 16 s/d 20 maka penilaiannya B atau 3 (Baik)
c. Apabila
jumlah nilai setiap aspek adalah 10 s/d 15 maka penilaiannya C atau 2 (Cukup)
d. Apabila
jumlah nilai setiap aspek adalah kurang dari 10 maka penilaiannya K atau 1
(Kurang Baik)
4. Nilai
total keseluruhan adalah jumlah nilai nomor 1 s/d 4 dan hasilnya dibagi 4
Kriteria penilaian sama nomor 3
5. Selain
instrument ini, diharapkan guru juga memiliki buku catatan anekdot atau
kejadian siswa
Contoh Instrumen Penilaian Kepribadian Siswa
4/
5
Oleh
INFORMASI PENDIDIKAN