Rabu, 16 Desember 2015

MODEL PENULISAN INDIKATOR SOAL PILIHAN GANDA





MODEL PENULISAN INDIKATOR SOAL PILIHAN GANDA


Teknik Penulisan
TES TERTULIS

Pembahasan
PENILAIAN
ALUR DAN LANGKAH-LANGKAH
KISI-KISI
INDIKATOR
TES TERTULIS
Nilai, Skor dan Bobot
Perihal soal dan contoh soal
 A. PENILAIAN
PENILAIAN
Proses pengumpulan dan pengolahan informasi untuk mengetahui/mengukur pencapaian hasil belajar peserta didik

Istilah
Permen Tentang Standar Penilaian
PERMENDIKNAS
   Nomor 20 Tahun 2007
   Tentang Standar Penilaian
PERMENDIKBUD
   Nomor 66 Tahun 2013
   Tentang Penilaian Pendidikan
Permendikbud 104 / 2014

Permendiknas No. 20 Thn. 2007
Penilaian OLeh Guru
Pengertian
TES :
   Adalah himpunan pertanyaan yang harus di jawab, atau pernyataan-pernyataan yang harus dipilih/ditanggapi, atau tugas-tugas yang harus dilakukan oleh yang dites dengan tujuan untuk mengukur suatu aspek.
Tujuan TES
Diagnosa peserta didik/siswa (kekuatan dan kelemahan)
Menilai kemampuan siswa (ketrampilan dan pengetahuan atau pemahaman)
Sertifikasi
Seleksi
Monitoring standar pendidikan
TEKNIK PENILAIAN
Tingkatan Tes Tertulis
Pengertian
TES TERTULIS
   Tes dimana soal dan jawaban dalam bentuk bahan tulisan

   ( dalam menjawab soal, siswa tidak selalu harus dalam bentuk menulis kata atau kalimat, tetapi juga dapat dalam bentuk mewarnai, diagram,menggambar, dan lain-lain )
TES TERTULIS
Tujuan tes PG : Menilai dalam hal mengingat dan memahami.
Tujuan tes Isian dan Uraian : Menilai dalam hal mengingat, memahami dan mengembangkan olah pikir.
  B. ALUR DAN
  LANGKAH-LANGKAH PENULISAN PENILAIAN / TES
Langkah-langkah / Tahapan Tes Tertulis
Menentukan SEBARAN / Identifikasi pada SK / KI dan KD :
    Soal Pilihan Ganda, Soal Isian, Uraian atau lainnya
   dengan prinsip MERATA dan tingkat BOBOT
Penulisan pada KISI-KISI dan Kunci Jawaban
Penulisan / perakitan soal-soal dan Pedoman Penskoran
Penelaahan / Editing / Validasi
Penggandaan / Cetak
Penyajian tes kepada peserta didik
C.  KISI-KISI
Pengertian Kisi-kisi
  Kisi-kisi adalah suatu format atau matriks yang memuat informasi yang dapat dijadikan pedoman untuk menulis tes atau merakit tes
FUNGSI DAN SYARAT KISI-KISI
*Fungsi
l  Pedoman penulisan soal
l  Pedoman perakitan soal

*Syarat
l  Mewakili isi kurikulum
l  Singkat dan jelas
l  Soal dapat disusun sesuai dengan bentuk soal.
l  Lembar/Format Kisi-kisi Soal
Lembar Format KISI-KISI penulisan soal dan Lembar KARTU SOAL (terpisah)
Lembar FORMAT KISI-KISI penulisan soal sekaligus termuat Rumusan soal/
     KARTU SOAL.

MODEL PENULISAN INDIKATOR SOAL PILIHAN GANDA

D. INDIKATOR
l  INDIKATOR SOAL
1. Indikator soal sebagai pertanda atau indikasi pencapaian kompetensi
2. Indikator mengacu pada materi pembelajaran sesuai kompetensi
3. Menggunakan KATA KERJA OPERASIONAL (KKO) yang dapat diukur
4.  Menggunakan satu KKO untuk tes PG sedangkan satu atau lebih untuk tes UO
5.  Dapat dibuat soalnya dan di buat pengecohnya untuk soal PG.
l  MODEL PENULISAN INDIKATOR Soal PG
Disajikan STIMULUS (pernyataan) berupa NARASI/TABEL/PETA, dll. terlebih dahulu, kemudian pertanyaan.
Di awal kalimat secara langsung ditempatkan AUDIENCE, BEHAVIOR, CONDITION dan DEGREE.

l KOMPONEN soal PG dgn Stimulus
   Perhatikan iklan berikut!
   Dijual sebidang tanah di kota Metro, luas 4 ha. Baik untuk industri. Hubungi telp. 021878594908.
 
         Iklan di atas termasuk jenis iklan ....
         a. permintaan
         b. propaganda
   c. pengumuman
   d. penawaran*
l  Indikator
Kata Kerja Operasional yang sering digunakan:
1. Pilihan Ganda :
    - Menentukan, menunjukkan
2. Isian dan jawaban singkat :
    - Menyebutkan, memberi contoh, mengetahui
3. Uraian :
    - Menjelaskan, menghitung, menguraikan

          
 E. TES TERTULIS
   SOAL PILIHAN GANDA yaitu soal dan jawaban sudah disediakan beberapa pilihan, peserta tes memilih satu jawaban yang paling benar.

l  KAIDAH BENTUK SOAL PG
A. MATERI :
     1. Soal harus sesuai dengan indikator
     2. Pilihan Jawaban harus homogen dan  
         logis.
     3. Setiap jawaban harus mempunyai
         jawaban yang paling benar
l  KAIDAH BENTUK SOAL PG
B. KONSTRUKSI :
    1. Pokok soal harus jelas dan tegas
    2. Pokok soal harus yang diperlukan
    3. Pokok soal jangan memberi petunjuk
        secara jelas ke jawaban yang benar
    4. Pokok soal jangan mengandung
        pernyataan negatif
l  KAIDAH BENTUK SOAL PG
5. Panjang rumusan jawaban pilihan
    relatif sama
6. Pilihan jawaban jangan mengandung
    pernyataan  “Semua pilihan jawaban
    di atas adalah salah/benar”.
7. Pilihan jawaban bentuk angka harus
    diurutkan kecil besarnya.
8. Gambar, grafik, tabel, diagram, dll
    harus terbaca jelas
9. Butir materi soal jangan bergantung pada
    jawaban soal sebelumnya.

l  KAIDAH BENTUK SOAL PG
C. BAHASA :
     1. Setiap soal jawaban harus menggu-
         nakan kaidah bahasa Indonesia.
     2. Janga menggunakan kata atau frase
         yang berlaku setempat, jika
         digunakan untuk daerah lain
     3. Pilihan jawaban jangan mengulang
         kata atau frase yang bukan merupa-
         kan satu kesatuan pengertian. Letakkan
         pada pokok soal.
l  Tes Pilihan Ganda
  Secara umum, setiap soal pilihan ganda terdiri dari :

   1. Pokok Soal  (stem)
   2. Jawaban    (option) :
        a. Satu jawaban yang benar (key)
        b. Jawaban pengecoh (distractor)
l KOMPONEN soal  PG dengan Stimulus
   Perhatikan iklan berikut!
   Dijual sebidang tanah di kota Metro, luas 4 ha. Baik untuk industri. Hubungi telp. 021878594908.
 
         Iklan di atas termasuk jenis iklan ....
         a. permintaan
         b. propaganda
   c. pengumuman
   d. penawaran*
l  JENIS SOAL PG
l  Pokok Soal (stem) berupa pertanyaan / perintah
l  Pokok soal (stem)  berupa pernyataan



MODEL PENULISAN INDIKATOR SOAL PILIHAN GANDA


 

   Bentuk Soal

lBentuk Soal Isian
   Pengertian : Adalah soal yang menuntut peserta tes untuk memberikan jawaban singkat, berupa kata, frase, angka, atau simbol.
   Keunggulan : Dapat mencakup materi yang banyak dan dapat diskor dengan mudah, cepat, dan objektif, serta mudah menyusunnya.
   Keterbatasan : Cenderung mengukur kemampuan mengingat (simple recall)
l  Bentuk Soal Isian
Jenis Soal Isian :
Melengkapi
Asosiasi
l  Kaidah Penulisan Soal Isian
     Soal harus sesuai dengan indikator
     Soal harus menggunakan bahasa yang baik dan benar, kalimat singkat dan jelas.
     Jawaban harus singkat dan pasti yaitu berupa kata, frase, angka, simbol, tempat, atau waktu, dan lain-lain
     Soal tidak merupakan kalimat yang dikutip langsung dari buku
     Soal tidak memberi petunjuk ke kunci jawaban
     Bagian kalimat yang harus dilengkapi sebaiknya hanya satu bagian rasio butir soal dan paling banyak dua bagian, supaya siswa tidak bingung.
l  Contoh Soal Bentuk Isian
   MELENGKAPI :

     Gunung Merapi terletak di Propinsi ....
     (Kunci jawaban : Jawa Tengah)

    Perhatikan jumlah titik-titik : ada 4 titik
l  Contoh Soal Bentuk Isian
b. ASOSIASI

   Pada titik-titik di sebelah kanan dari setiap lagu daerah, tuliskan asal lagu tersebut !

   Lagu Daerah                      Daerah
   1. Keroncong                      ….
   2. Ayam Den Lapeh            ….
   3. Manuk Dadali                  ….
   4. Tanduk Majeng               ….
   5. Suwe Ora Jamu              ….
 Bentuk Soal


l  Bentuk Soal Jawaban Singkat
Pengertian : Soal dan jawaban berupa kata, kalimat pendek, atau frase terhadap suatu pertanyaan.
Keunggulan : Dapat mencakup lingkup materi yang banyak dan dapat diskor dengan mudah, cepat, serta objektif.
Keterbatasan : Cenderung megukur kemampuan mengingat (simple recall)
l  Bentuk Soal Jawaban Singkat
Kaidah Penulisan Soal Jawaban Singkat :
     Menggunakan kalimat pertanyaan langsung atau kalimat perintah.
     Pertanyaan atau perintah harus jelas, agar mendapat jawaban yang singkat
     Panjang kata atau kalimat yang harus dijawab oleh siswa pada semua soal diusahakan relatif sama.
     Hindari penggunaan kata, kalimat, atau frase yang diambil dari buku paket, sebab akan mendorong siswa untuk sekedar menghafal/mengingat dari buku.
l  Contoh Soal Bentuk Jawaban Singkat
Contoh soal kurang baik :
     Bagaimanakah susunan pengurus suatu koperasi ?  (kalimat pertanyaan)
     Tulislah susunan pengurus suatu koperasi !
      (kalimat perintah)
Contoh soal lebih baik :
     Siapakah pemegang kekuasaan tertinggi dalam koperasi ?
     Sebutkan pemegang kekuasaan tertinggi dalam koperasi !
 Bentuk Soal


SOAL URAIAN adalah soal yang jawabannya menuntut peserta tes untuk mengorganisasikan gagasan atau hal-hal yang telah dipelajarinya dengan cara mengemukakan gagasan tersebut dalam bentuk tulisan.

l  Jenis Soal Uraian
Berdasarkan penskorannya, diklasifikasikan atas :

     Uraian Objektif : Soal yang menuntut sehimpunan jawaban dengan pengertian/konsep tertentu, sehingga penskorannya dapat diukur objektif
     Uraian Non Objektif (Subjektif) : Soal yang menuntut sehimpunan jawaban dengan pengertian/konsep menurut pendapat siswa masing-masing, sehingga penskorannya subjektif
l  KAIDAH TES URAIAN 
    Materi :
                Soal sesuai dengan indikator
                Batasan pertanyaan dan jawaban yang diharapkan sudah sesuai
                Materi yang ditanyakan sesuai dengan tujuan pengukuran
                Isi materi yang ditanyakan sesuai dengan jenjang jenis sekolah atau tingkat kelas
l  KAIDAH TES URAIAN 
B. KONSTRUKSI
                Menggunakan kata tanya atau perintah yang menuntut jawaban uraian
                Ada petunjuk yang jelas tentang cara mengerjakan soal
                Ada pedoman penskorannya
                Tabel, gambar, grafik, peta, atau yang sejenisnya disajikan dengan jelas dan terbaca

l  KAIDAH TES URAIAN 
C. BAHASA
                Butir soal menggunakan bahasa Indonesia yang baku
                Tidak menggunakan kata/ungkapan yang menimbulkan penafsiran ganda atau salah pengertian
                Tidak menggunakan bahasa yang berlaku setempat/tabu
                Rumusan soal tidak mengandung kata/ungkapan yang dapat     menyinggung perasaan siswa

BOBOT,
SKOR,
NILAI

l  BOBOT  SOAL adalah tingkat kerumitan/kemudahan yang ditetapkan untuk suatu butir soal dalam perbandingan (ratio) dengan butir soal lainnya dalam satu perangkat tes. (KUALITATIF)
l  SKOR SOAL adalah besarnya angka yang ditetapkan untuk suatu butir soal dalam perbandingan (ratio) dengan butir soal lainnya dalam satu perangkat tes.
   (KUANTITATIF)
l   NILAI

NILAI : besarnya angka yang diperoleh dalam satu tes merupakan hasil akhir dari skor yang diperoleh dibagi skor maksimal kali seratus (jika nilai ratusan)
l  Contoh  : Komposisi soal dalam Ulangan
l  SKOR DAN NILAI
l  Contoh
l  Cara Membuat Jawaban / OPTION Yang Baik
l Jawaban yang paling umum dimengerti oleh peserta didik
l Gunakan kata2 yang kedengarannya sama (atmosfer, troposfer, biosfer, dll)
l Gunakan bahasa baku
Contoh Soal
l Contoh Soal PG dengan Stimulus
                Sebuah taman berbentuk persegi panjang, didalamnya terdapat kolam. Panjang kolam adalah 3 m lebih panjang daripada lebarnya dan memiliki luas 130 m2. Jika di sekeliling kolam ditanami bunga dengan lebar 2 m,   maka ukuran panjang taman tersebut adalah....
10 m
 12 m
 13 m
14 m
17 m
l  Tugas Anda
l  Membuat soal (Latihan)




Artikel Terkait

MODEL PENULISAN INDIKATOR SOAL PILIHAN GANDA
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email