Kamis, 04 April 2019

Aktivitas Orangtua untuk Mendukung Anak Belajar Bahasa Inggris




Aktivitas Orangtua untuk Mendukung Anak Belajar Bahasa Inggris
Peran orangtua di rumah juga penting untuk mendukung mereka agar lancar berbahasa Inggris, lho!. 

PARENTING | Era globalisasi mengajarkan kita untuk bersaing dalam berbagai bidang. Dengan menguasai Bahasa Inggris akan mempermudah kita dalam berkomunikasi dengan orang asing serta mencapai kesuksesan. Para orangtua juga sudah sewajarnya menguasai Bahasa Inggris agar dapat menjadi motivator belajar anak. 

Mengajarkan anak Bahasa internasional ini sejak dini kurang lebih sama dengan mengantarkan mereka meraih berbagai kesempatan, seperti melanjutkan studi di luar negeri, bersaing memperoleh pekerjaan terbaik di berbagai negara, dan juga kesuksesan dalam bidang bisnis internasional. 

Peran orangtua di rumah juga penting untuk mendukung mereka agar lancar berbahasa Inggris, lho! Ada beberapa aktivitas yang dapat Anda lakukan dalam mendukung belajar Bahasa Inggris anak di rumah, apa saja itu? Inilah bisa 3 aktivitas orangtua dalam mengajarkannya di rumah dikutip mi-penanggalan.blogspot.com dari Ruang Guru. 

BACA JUGA : Prestasi Anak Dapat Diperbaiki dengan Gizi dan Lingkungan yang Baik  

1. Berikan sapaan, pertanyaan, dan aktivitas anak dengan menggunakan Bahasa Inggris 

Dalam aktivitas ini, Anda dapat membiasakan percakapan dalam Bahasa Inggris dengan memberikan sapaan seperti good morning, what do you feel?, atau give me five. Contoh lain yang dapat digunakan adalah dengan mengenalkan benda-benda yang ada di dalam rumah dengan menggunakan Bahasa Inggris. 

Pembelajaran ini dapat diberikan sambil menemani anak bermain, seperti memberikan tebak-tebakan, menyapa ketika bertemu, dan banyak cara pembelajaran lain yang dapat diberikan dan dikemas secara menyenangkan. Jadi, tidak akan membebani belajar anak dalam belajar Bahasa Inggris. 

2. Berlatih mengenal warna, menghitung angka, dan membaca abjad dalam Bahasa Inggris 

Pembelajaran lain yang cukup mudah dan membantu menambah wawasan anak dalam menempuh Sekolah Dasar di kemudian hari adalah dengan mengenalkan mereka pada warna, angka, dan abjad dalam Bahasa Inggris. Anda dapat menyediakan langsung kartu-kartu warna, angka dan abjad. Bermanfaat sekali, kan? 

3. Pilihlah lagu anak, film anak, dan cerita anak dalam Bahasa Inggris 

Salah satu proses belajar yang akurat adalah dengan mendengar, melihat, dan membaca. Nah, memperdengarkan dan memperlihatkan lagu, film, dan cerita anak dalam Bahasa Inggris akan menambah kosakata anak dengan lebih cepat sekaligus membiasakan mereka menggunakan tatanan bahasa yang tepat. 


Belajar Bahasa Inggris penting, namun, sebagai warga negara Indonesia yang baik kita juga jangan sampai meninggalkan Bahasa Indonesia. Jangan sampai anak-anak kita lancar Bahasa Inggris tetapi kesulitan menggunakan Bahasa Indonesia. Bahasa Indonesia adalah pemersatu bangsa. Jadi, tetap harus diseimbangkan.



Artikel Terkait

Aktivitas Orangtua untuk Mendukung Anak Belajar Bahasa Inggris
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email