Minggu, 25 November 2018

Soal Ulangan PTS PJOK Kelas 4 Semester 1 K-13




Soal Ulangan PTS PJOK Kelas 4 Semester 1 K-13

INFORMASI PENDIDIKAN DAN BANK SOAL | Ujian Tengah Semester (UTS) atau pada Kurikulum 2013 (K-13) disebut Penilaian Tengah Semester (PTS) untuk mata pelajaran Pendidikan Jasmani OlahRaga Kesehatan (PJOK) terpisah dengan Tematik. Pada Kurikulum 2013 revisi terbaru untuk kelas 4, PJOK menjadi mata pelajaran sendiri, di luar pembelajaran tematik.

Soal UTS atau PTS semester 1 PJOK kelas 4 SD disusun berdasarkan kisi-kisi. Jadwal UTS atau PTS dilaksanakan sesuai dengan Kalender Pendidikan. PTS semester ganjil dilaksanakan pada sekitar bulan Oktober. Jadwal pelaksanaan PTS semester 1 kelas 4 Kurikulum 2013 (K-13) dibuat oleh Dinas Pendidikan.

Kurikulum 2013 (K-13) telah mengalami revisi, salah satunya Mata pelajaran (mapel) PJOK di jenjang Sekolah Dasar dan sederajat untuk kelas 4 pada Kurikulum 2013 terpisah dari tematik. PJOK tidak hanya muatan kompetensi ketrampilan (KI 4), namun juga kompetensi pengetahuan (KI 3)

Manfaat adanya pemetaan Komptensi Dasar (KD) mapel PJOK ini kegiatan belajar mengajar bisa terukur dan disesuaikan dengan kalender pendidikan agar tepat waktu dan tepat tujuan sesuai dengan tuntutan kurikulum. Selain itu, dapat mempermudah anda dalam menyusun kisi-kisi soal, melakukan penilaian.

Kompetensi Dasar (KD) PJOK Kelas 4 Semester 1

3.1. memahami variasi gerak dasar lokomotor, non-lokomotor, dan manipulatif sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam permainan bola besar sederhana dan atau tradisional*
3.2. memahami variasi gerak dasar lokomotor, non-lokomotor, dan manipulatif sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam permainan bola kecil sederhana dan atau tradisional*
3.3. memahami variasi gerak dasar jalan, lari, lompat, dan lempar melalui permainan/olahraga yang dimodifikasi dan atau olahraga tradisional
3.4. menerapkan gerak dasar lokomotor dan non-lokomotor untuk membentuk gerak dasar seni beladiri**
3.5. memahami berbagai bentuk aktivitas kebugaran jasmani melalui berbagai latihan; daya tahan, kekuatan, kecepatan, dan kelincahan untuk mencapai berat badan ideal

Contoh Soal Ulangan PTS PJOK Kelas 4 Semester 1

Ayo kerjakan soal-soal di bawah ini dengan benar!
A 3.1
1. Agar kita dapat bermain bulutangkis dengan baik maka harus berlatih ....
A.menendang
B. mengiring
C. memukul
D. menembak

5. Alat untuk membatasi daerah lawan dalam permainan bulutangkis disebut ...
7. Sebutkan alat-alat yang digunakan dalam permainan bulu tangkis?

B. 3.2
9. Gerak dasar melempar bola, bisa dilakukan dengan .... tangan
A. mengayun
B. dua
C. melipat
D. menggandeng

11. Jumlah tiang hinggap dalam permainan kasti ada ... buah
13. Bagaimana cara bermain kasti? Jelaskan!

E. 3.5
26. Hand stand, kayang, meroda adalah gerakan dasar ....
A. berlari
B. senam
C. aerobik
D. menari

28. Gerakan meroda melatih kekuatan otot ....
30. Sebutkan macam-macam senam yang kamu ketahui!

Download Soal PTS PJOK Kelas 4 Semester 1

Selengkapnya soal UTS atau soal penilaian tengah semester 1 pelajaran PJOK kelas 4 SD sesuai Kurikulum 2013 yang belum disertai kunci jawabannya dapat didownload melalui tautan berikut ini:


Soal UTS semester ganjil mata pelajaran PJOK kelas 4 Kurikulum 2013 (K-13) terdiri dari soal pilihan ganda, isian singkat, dan uraian. Untuk bahan persiapan anak-anak menghadapi UTS atau PTS, khususnya kelas 4 SD yang menggunakan Kurikulum 2013 dapat mengerjakan soal-soal latihan di atas.

mi-penanggalan.blogspot.com | 26 November 2018 

Artikel Terkait

Soal Ulangan PTS PJOK Kelas 4 Semester 1 K-13
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email