Kamis, 28 Maret 2019

Cara Orang Tua Membantu Anak Agar Sukses di Sekolah




Cara Orang Tua Membantu Anak Agar Sukses di Sekolah
Kesuksesan anak adalah kebahagiaan bagi orang tua. Mental sukses perlu dibangun sejak dini. 

PARENTING | Harapan setiap orang tua pastinya sama, yaitu mengharapkan anak-anaknya dapat berhasil di sekolah. Namun sebagian orang tua lupa, bahwa sekolah tidak bisa menjadi pengganti untuk menjamin keberhasilan anak-anak di sekolah. Sehingga, cara membantu anak sukses di sekolah dasar adalah orang tua harus bersedia terlibat untuk mendidik anak di rumah. 

Cara Membantu Anak Sukses Di Sekolah 

1. Mengenali guru dan staf sekolah 

Tidak ada keharusan orang tua mengenal semua staf di sekolah, namun kenali beberapa guru dan staf yang bersinggungan langsung dengan anak. Cara ini baik dilakukan, karena Anda dapat mengetahui aturan dan program sekolah bagi anak-anak. Pilihan lainnya yaitu mengajak guru bertemu untuk membahas akademis anak dan tingkah lakunya. Sehingga, Anda mampu menyesuaikan diri ketika akan mengarahkan dan membimbing anak saat di rumah. 

2. Mengenal lingkungan sekolah 

Dengan mengenali lingkungan sekolah, orang tua telah mampu menjadi pendengar dan teman yang baik ketika anak-anak sedang bercerita tentang kegiatannya di sekolah. Anda perlu datang ke sekolah dan mengamati di mana saja letak ruang perpustakaan, kantin, maupun ruang kelas. 

3. Bantu anak melakukan persiapan 

Kegiatan di sekolah tentunya akan membutuhkan banyak energi, sehingga Anda perlu menyediakan sarapan yang bergizi sesuai kebutuhan kalori anak. Namun, bisa juga membawakannya bekal yang sehat agar anak dapat belajar dan bermain sepanjang hari. Saat di rumah, orang tua juga dituntut mampu menciptakan suasana yang kondusif agar anak nyaman saat belajar. 

4. Ketahui dan pahami peraturan di sekolah 

Pada poin pertama telah disinggung juga cara membantu anak sukses. Pada cara keempat ini, Anda harus mengetahui peraturan di sekolah dan benar-benar memahaminya. Hal ini, untuk mengantisipasi tindakan-tindakan yang tidak diperkenankan di sekolah dan dilakukan oleh anak-anak. Sebagian sekolah membuat kontrak perjanjian dengan orang tua, perihal peraturan sekolah menggunakan materai. 

5. Jadilah teman bagi anak 

Menjadi pendengar yang baik bagi anak merupakan salah satu cara terbaik menampung keluh kesah mereka di sekolah. Hal tersebut harus dilakukan orang tua, agar anak mendapatkan tindakan yang tepat sesuai dengan masalah yang dihadapi. 

6. Batasi menonton tv dan tetapkan jam tidur 

Buat peraturan di rumah bagi anak mengenai kapan saatnya belajar, menonton tv dan tidur. Dengan pembatasan ini, diharapkan mampu memberikan waktu yang cukup bagi anak untuk istirahat selama di rumah. 

Cara membantu anak sukses di sekolah dasar di atas dapat Anda terapkan dan modifikasi sesuai kebutuhan. Menurut anggota National Sleep Foundation Jodi Mindell, PhD, anak usia sekolah dasar membutuhkan waktu tidur 10 hingga 12 jam setiap malam. Sehingga tetapkan jam malam bagi anak dan berikan mereka contoh, agar kelak anak dapat disiplin menghargai waktu. 



Artikel Terkait

Cara Orang Tua Membantu Anak Agar Sukses di Sekolah
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email