Senin, 15 Februari 2016

Kisah Mengharukan Dallae dalam Teater Boneka dari Korea




Kisah Mengharukan Dallae dalam Teater Boneka dari Korea  
Teater Korea saat memainkan Kisah Dallae 

INFORMASI PENDIDIKAN, GURU DAN PELAJAR | Teater biasanya dimainkan dengan suara dan bahasa kan? Tapi teater dari Korea Selatan yang dipertunjukkan di Ice Palace Lotte Shopping Avenue, Jakarta, itu berbeda. 


Mereka memainkan sebuah kisah yang bertajuk “Kisah Dallae” dengan ekspresi, gerak tubuh, gerak boneka, dan boneka tangan. Tak ada dialog. Kisah Dallae itu kisah keluarga. Dikisahkan mereka terpisah karena perang Korea. Tokohnya adalah Ibu, Ayah, dan Dallae, seorang anak yang perannya dimainkan oleh sebuah boneka. 

Menariknya, boneka Dallae ini dimainkan dua sampai tiga orang dengan halus. Seakan-akan boneka Dallae itu hidup. 

Pada awal cerita keluarga ini hidup dengan bahagia, sampai meletuslah perang yang mengharuskan mereka untuk berpisah. Pada saat terpisah inilah mereka saling merindukan satu sama lain dan semakin menyadari pentingnya keluarga.

Cerita yang menyentuh hati ini digambarkan secara jelas meskipun hanya dengan properti sederhana. Misalnya untuk menunjukkan Korea yang memiliki empat musim, adegan saat musim salju digambarkan dengan kain berwarna putih dan Dallae membuat snowman.

Anak-anak yang menonton mengerti enggak sih cerita semacam itu? Ternyata bisa.

Dengar kata Syifa, 7 tahun, yang datang dengan tantenya. Ia berkata bahwa pementasan ini bagus dan ia menikmatinya. Ia juga tidak merasa bosan dan ceritanya bisa dimengerti.

Teater anak yang dibawakan oleh Art Stage SAN ini adalah salah satu program Traveling Korean Arts yang diadakan oleh Kementerian Budaya, Pariwisata, Olahraga dan Pariwisata Korea dan Korean Arts Management Service yang bekerjasama dengan Korean Cultural Center Indonesia. 

Indonesia menjadi negara pertama terselenggaranya program ini, yang akan dilanjutkan dengan Thailand dan Vietnam.

Dengan adanya program Traveling Korean Arts, diharapkan masyarakat Indonesia tidak hanya mengenal budaya pop Negeri Ginseng, tetapi juga budaya dan kesenian tradisional yang tidak kalah menarik. 

[ mi-penanggalan.blogspot.com | Senin, 15 Februari 2016 ] 

Artikel Terkait

Kisah Mengharukan Dallae dalam Teater Boneka dari Korea
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email