Senin, 15 Februari 2016

Ingin Membelikan Hewan Peliharaan untuk Anak? Baca Ini Dulu




 Ingin Membelikan Hewan Peliharaan untuk Anak? Baca Ini Dulu  
Ilustrasi gambar hewan untuk anak 

INFORMASI PENDIDIKAN, GURU DAN PELAJAR | Kebanyakan anak-anak menyukai hewan dan ingin merawatnya sendiri. Apalagi, anak kecil memiliki rasa keingintahuan yang tinggi.


Memiliki hewan peliharaan bisa menjadi hal yang seru dan menantang bagi mereka. Tetapi Anda harus ingat bahwa meskipun telah berjanji akan merawat, anak-anak seringkali kurang bertanggung jawab.

Maka orangtua perlu memilihkan hewan peliharaan yang cocok untuk anak-anak. Hewan seperti apakah itu? Dan apa yang harus kita perhatikan saat membeli hewan?

1. Perhatikan riwayat kesehatan hewan
Hewan peliharaan bisa dibeli di pet shop atau mungkin diberi oleh kerabat. Namun, pastikan Anda mengetahui riwayat kesehatannya. Bukannya memberi kesenangan, hewan bisa saja malah membawa virus atau usianya tidak panjang kalau ia mengidap suatu penyakit.

2. Ketahui alergi anak
Ini juga salah satu hal yang krusial. Jangan sampai Anda sudah membeli peliharaan, kemudian baru tahu kalau anak alergi dengan bulu hewan.

3. Mulailah dengan merawat hewan kecil
Hewan berukuran sedang seperti kucing dan anjing memang terlihat lucu, tetapi kalau Anda termasuk orang yang sibuk dan anak Anda masih kecil, lebih baik pikir-pikir lagi, ya. Butuh perawatan khusus untuk mengurus hewan ini dan kita juga harus aktif mengajaknya bermain. Hewan kecil seperti hamster adalah peliharaan yang baik bagi pemula karena ia jinak, cukup tenang, dan termasuk mudah untuk ditangani. Selain hamster, ikan juga bisa menjadi pilihan yang baik karena mereka menarik perhatian anak tanpa butuh banyak interaksi.

4. Pikirkan tempat menaruh hewan
Pastikan juga bahwa Anda sudah memikirkan di mana akan menaruh kandang. Tentu tempatnya yang aman dari jangkauan anak atau ia dapat mengamati hewan tanpa bisa mengutak-atiknya. Misalnya akuarium ditempatkan yang tidak bisa dipanjat oleh anak dan tidak menaruh kandang hamster di kamar tidur karena adanya hewan di kamar tidur tidak baik bagi kesehatan.

5. Bicarakan dengan anak sebelum membeli
Jika orangtua sudah menyatukan suara untuk membeli suatu peliharaan, coba bicarakan dengan anak. Dengan begitu, ketika sudah membeli, anak juga merasa memilikinya. Jelaskan juga pada anak beberapa kebiasaan atau perilaku hewan, apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan supaya ia tidak kaget saat berhadapan langsung. 


[ mi-penanggalan.blogspot.com | Senin, 15 Februari 2016 ] 


Artikel Terkait

Ingin Membelikan Hewan Peliharaan untuk Anak? Baca Ini Dulu
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email