Selasa, 26 Januari 2016

Lima Trik Simpel Penuhi Gizi Seimbang




Lima Trik Simpel Penuhi Gizi Seimbang  
Trik Simpel Penuhi Gizi Seimbang Bagi Anak 


INFORMASI PENDIDIKAN | Tahukah kamu kalau setiap tanggal 25 Januari diperingati sebagai Hari Gizi Nasional di Indonesia? Data Global Nutrition Report (2014) menyebutkan bahwa Indonesia termasuk negara yang memiliki masalah gizi yang kompleks. 

Mulai dari masalah kurang gizi hingga obesitas pada anak dan balita. Selain itu, gaya hidup kelas urban Indonesia yang dekat dengan makanan cepat saji dan kebiasaan jajan menyebabkan ketidakseimbangan asupan gizi. 

Memperhatikan pola makan yang sebenarnya adalah salah satu cara untuk memulai hidup sehat. Cukup sulit memang jika tidak dibarengi keinginan yang kuat untuk meningkatkan kesehatan. Hayoo, jangan sampai sakit parah dulu lho sebelum akhirnya memutuskan untuk teratur makan. 

Nah, berikut ada 5 trik simpel dan mudah agar kita tidak hanya sekedar makan untuk kenyang, namun betul-betul untuk mendapatkan gizi yang sesuai untuk kebutuhan tubuh kita. Apa saja nih? Keep reading...... 

Jangan hindari karbohidrat! Tapi, variasikan jenisnya 
Biasanya bagi seseorang yang sedang ingin menurunkan berat badan, dianjurkan tidak mengonsumsi atau sumber karbohidrat lainnya. Memang benar, kebanyakan karbohidrat dapat menyebabkan penimbunan lemak, namun karbohidrat tetap dibutuhkan tubuh lho! Coba yuk berbagai sumber karbohidrat lain seperti ubi, jagung, kentang, atau beras merah. 

Batasi softdrink 
Minuman ringan semakin banyak saja jenisnya di pasaran dan beberapa diantaranya bahkan diberi label "less sugar",karena kenyataannya minuman ringan memang mengandung gula yang rata-rata cukup tinggi dan tentu saja tidak baik untuk tubuh karena bisa meningkatkan resiko diabetes. 

Sarapan? Wajib dong ! 
Breakfast is the most important meal of the day! So, jangan pernah melewatkan sarapan yaa, karena itu adalah sumber energi kita untuk beraktivitas seharian. Jangan berlebihan juga sarapannya karena akan menimbulkan rasa kantuk. Pilih menu yang sehat juga, seperti roti tawar gandum dan susu kedelai. 

Makan sayur dan buah 
Pernahkah kamu bertemu dengan orang yang benar-benar benci sayur? Wah, sebaiknya jangan ditiru karena sayur sangat penting untuk kebutuhan vitamin dan mineral tubuh. Buah-buahan juga wajib dikonsumsi untuk menjagamu tetap fit! 

Kurangi konsumsi daging 
Buat beberapa orang sepertinya trik ini akan cukup susah dilakukan, apalagi kalau mang bakso udah nongkrong di depan rumah :p. Walaupun tubuh kita membutuhkan protein yang bisa didapat dari daging, namun konsumsi daging merah dan kebiasaan makan daging terlalu sering wajib dikurangi, nih! Bahaya untuk kesehatan jantung dan memicu obesitas. Nah, kamu bisa mendapat protein dari sumber nabati seperti tahu dan tempe atau dari ikan ataupun juga dari dada ayam. 

Yuk mulai hidup sehat dengan mempraktikkan 5 trik simpel di atas agar fungsi makan betul-betul berguna untuk memenuhi kebutuhan gizi tubuh kita! 


Sumber: cnnIndonesia.com 
[mi-penanggalan.blogspot.com | Selasa, 26 Januari 2016]  


Artikel Terkait

Lima Trik Simpel Penuhi Gizi Seimbang
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email