Sabtu, 23 Januari 2016

5 Langkah Melatih Kecerdasan Emosional Anak | Psikologi Anak




5 Langkah Melatih Kecerdasan Emosional Anak | Psikologi Anak
Gambar Ilustrasi Anak 


INFORMASI PENDIDIKAN | Kecerdasan Intelektual atau IQ selalu menjadi perhatian orangtua. IQ sering dibahas karena seseorang dengan nilai IQ yang tinggi dianggap akan memiliki prestasi belajar yang lebih baik. 

Tapi sebetulnya tidak hanya IQ lho yang penting. Kecerdasan Emosional atau EQ juga penting untuk dilatih sejak dini. Langkah apa saja yang harus dilakukan oleh orangtua supaya anak bisa mengatur emosinya dengan baik? 

1.Ajarkan anak untuk mengenal berbagai macam emosi. 
Bantu deskripsikan perasaan anak. Misalnya ketika anak marah, katakan " Kamu marah karena belum berhasil menyusun puzzle, ya?" Selain itu, smiley dan emoticon juga bisa digunakan sebagai media ajar. 

2. Hargai perasaan anak. 
Jangan abaikan perasaan anak, dengan begitu ia dapat menerima perasaannya sendiri dan memahami bahwa yang dirasakannya adalah sesuatu yang wajar. 

3. Berempatilah. 
Dengarkan luapan bahagia maupun keluhan anak. Berempatilah sekalipun Anda tidak bisa membantu sehingga anak akan merasa bahwa ia tidak sendirian. 

4. Jadilah contoh dengan menangani emosi dengan baik. 
Anak sering menunjukkan ekspresi negatifnya melalui perilaku tidak baik misalnya melempar mainan. Anda bisa mengubah kebiasaan buruk ini, salah satunya dimulai dari diri Anda sendiri. Anda perlu memberi contoh yang baik kepada anak, misalnya dengan tidak berteriak-teriak ketika Anda kesal karena kemungkinan besar kebiasaan ini akan diikuti oleh anak. 

5. Latih anak menyalurkan emosinya.
Mengekspresikan perasaan itu penting, tetapi anak juga perlu tahu bagaimana cara menyalurkan emosinya dengan baik dan menemukan solusinya. Penelitian menunjukkan bahwa berempati saja tidak cukup - Anda harus mengajari mereka juga untuk mengelola perasaan mereka. Misalnya, ajari mereka untuk mencoret-coret kertas ketika ia sedang kesal. (ded/ded).

Baca juga artikel terkait pendidikan: Sebelum Mengikutkan Anak Kursus, Coba Dulu Tips Ini ! 

Sumber:cnnindonesia.com
[mi-penanggalan.blogspot.com] Sabtu, 23 Januari 2016    


Artikel Terkait

5 Langkah Melatih Kecerdasan Emosional Anak | Psikologi Anak
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email