TEKNIK MEMBACA
CEPAT PADA ANAK
Dengan semakin
banyaknya mata pelajaran dan juga tingkat kesulitannya yang makin tinggi,
sebaiknya Anda meningkatkan kecepatan membaca anak sedikit demi sedikit. Kecepatan
rata-rata orang membaca adalah 200
kata/menit. Dengan teknik membaca cepat , kecepatan rata-rata membaca dapat
ditingkatkan 100 - 200 % dari kecepatan normal.
Yang harus dilakukan dalam teknik ini adalah :
1. Latih
koordinasi mata
Latih anak untuk
mengoordinasikan matanya saat membaca. Tahukah anda bahwa mata kita hanya
menangkap informasi ketika berhenti bergerak. Dengan begitu pada waktu kita
membaca, apabila Anda merasa mata Anda tak pernah berhenti bergerak sama sekali
saat membaca , itu adalah perasaan yang keliru. Karena sebenarnya saat membaca
mata kita mengalami beberapa jeda. Yaitu bergerak - stop-
membaca-bergerak-stop-membaca dan seterusnya. Tidak percaya ? Duduklah
berhadapan dengan orang yang membaca dan perhatikan gerakan mata mereka.
Gerakan mata mereka pasti memiliki pola yang sama dengan teori di atas. Dengan
demikian bisa disimpulkan bahwa kunci membaca cepat adalah meminimumkan jumlah
gearakan mata berhenti dan pada saat yang sama memaksimalkan jumlah kata yang
terbaca dalam setiap satu putaran gerakan mata.
Mulailah dengan hal sederhana. Minta anak menghitung jumlah tanda baca dalam sebuah bacaan dan menggolongkannya (misal 14 koma, 12 titik, 3 tanda tanya, satu tanda seru).
2. Jangan membaca per kata
Mulailah dengan hal sederhana. Minta anak menghitung jumlah tanda baca dalam sebuah bacaan dan menggolongkannya (misal 14 koma, 12 titik, 3 tanda tanya, satu tanda seru).
2. Jangan membaca per kata
Secara umum
orang membaca dengan tiga cara yang berbeda.Pertama : ketika membaca satu
halaman buku , mata si pembaca mencari dan membaca satu per satu kata
dalam satu halaman tersebut. Kita sering beranggapan bahwa cara ini sangat efektif. Namun yang pasti cara ini sangat melelahkan jika kita disuruh membaca tiga buku sekaligus dalam waktu semalam. Kedua : pembaca yang mengelompokkan kata dalam satu grup. Ketiga : pembaca menyadari bahwa sebenarnya dalam satu halaman itu hanya akan terdapat beberapa bagian kunci saja yang berguna baginya, sehingga ketika membaca, matanya melakukan gerakan cepat atau diistilahkan pemindaian atau scan halaman buku baik secara horisontal atau vertikal pada saat yang bersamaan.
Cara baca yang paling bijaksana adalah mengombinasikan tiga pola itu. Pertama gunakan pola baca ketiga untuk menemukan informasi yang dicari. Lalu gunakan cara baca kedua dan pertama untuk lebih memahami bagian yang penting dari bacaan. Dengan cara ini maka energi anak saat membaca hanya dihabiskan untuk bagian yang paling berguna saja dari bacaan. Namun untuk mengubah kebiasaan cara baca pertama ke cara baca kedua dan ketiga mengharuskan anak
dalam satu halaman tersebut. Kita sering beranggapan bahwa cara ini sangat efektif. Namun yang pasti cara ini sangat melelahkan jika kita disuruh membaca tiga buku sekaligus dalam waktu semalam. Kedua : pembaca yang mengelompokkan kata dalam satu grup. Ketiga : pembaca menyadari bahwa sebenarnya dalam satu halaman itu hanya akan terdapat beberapa bagian kunci saja yang berguna baginya, sehingga ketika membaca, matanya melakukan gerakan cepat atau diistilahkan pemindaian atau scan halaman buku baik secara horisontal atau vertikal pada saat yang bersamaan.
Cara baca yang paling bijaksana adalah mengombinasikan tiga pola itu. Pertama gunakan pola baca ketiga untuk menemukan informasi yang dicari. Lalu gunakan cara baca kedua dan pertama untuk lebih memahami bagian yang penting dari bacaan. Dengan cara ini maka energi anak saat membaca hanya dihabiskan untuk bagian yang paling berguna saja dari bacaan. Namun untuk mengubah kebiasaan cara baca pertama ke cara baca kedua dan ketiga mengharuskan anak
untuk mengubah
strategi membaca visualnya. Artinya Anda harus menghentikan kebiasaan Anak yang
mengucapkan bacaan kembali dalam hati dan mencoba untuk mempercayai
gerakan mata. Apakah hal ini sulit dilakukan ? Sebenarnya tidak. Perubahan cara
membaca baru bisa sukses kalau anak juga mengubah proses mentalnya pada waktu
membaca ; Dari melihat, lalu mengucapkan, jadi mengerti....... menjadi .....hanya
melihat, menjadi mengerti.
Tapi bila Anda
sendiri masih beranggapan bahwa cara ini bukan 100% membaca, maka berarti
pikiran Anda masih beranggapan bahwa definisi membaca adalah mencari satu
persatu kata dan mengucapkannya kembali dalam hati. Jadi cobalah teknik ini dan
buktikan sendiri keefektifannya. Cara paling cepat untuk menghentikan kebiasaan
anak yang suka mengucapkan bacaan dalam hati adalah meningkatkan kecepatan
membacanya sedemikian rupa sehingga ia tidak dapat diucapkan kembali di dalam
hati.
Hal ini berarti
anak merubah strategi membacanya dari kata perkata menjadi menjadi satu grup
kata dalam tiap gerakan mata. Cobalah agar anak anda mau melakukannya. Ia pun
akan segera sadar bahwa ia tetap membaca namun dengan cara yang berbeda.
Namun membaca cepat saja tentu belum cukup, anak juga harus paham dengan materi yang dibacanya.Karena itu setelah membaca, uji daya ingatnya dengan memberi pertanyaan sesuai bacaan
Namun membaca cepat saja tentu belum cukup, anak juga harus paham dengan materi yang dibacanya.Karena itu setelah membaca, uji daya ingatnya dengan memberi pertanyaan sesuai bacaan
Ada beberapa
teknik dalam membaca cepat :
1. Scanning :
yaitu melihat pada rangkaian teks tertentu untuk menemukan informasi yang
spesifik. Hal ini bisadilakukan dengan menyimak daftar isi, kata pengantar atau
bagian-bagian lainnya. Bisa juga dengan melihat kata-kata kunci atau poin-poin
penting.
2. Skimming : yaitu melihat sekilas pada bagian awal dan akhir sebuah tulisan dan kesimpulan pada akhir tulisan. Hal ini didasari teori menulis yang mengajarkan untuk memuat gagasan utama pada bagian awal dan kesimpulan pada akhir tulisan .
Teknik-teknik ini sangat berguna bagi anak bila diharuskan mencari bahan laporan atau menyusun makalah.
2. Skimming : yaitu melihat sekilas pada bagian awal dan akhir sebuah tulisan dan kesimpulan pada akhir tulisan. Hal ini didasari teori menulis yang mengajarkan untuk memuat gagasan utama pada bagian awal dan kesimpulan pada akhir tulisan .
Teknik-teknik ini sangat berguna bagi anak bila diharuskan mencari bahan laporan atau menyusun makalah.
Teknik Membaca Cepat Anak
4/
5
Oleh
INFORMASI PENDIDIKAN