Minggu, 13 Januari 2019

Wisata Religi Ziarah Wali Jombangan MI Muawanah Dukuhdimoro Mojoagung Jombang




Wisata Religi Ziarah Wali Jombangan MI Muawanah Dukuhdimoro Mojoagung Jombang

INFORMASI PENDIDIKAN | Keluarga besar MI Muawanah telah mengadakan Wisata Religi atau ziarah wali Jombangan. Kali ini Dewan Guru yang ikut Pak Chusen, Pak Kholiq,Pak Khotib, Pak Faqih, Pak Najib, Pak Bahrul, Bu Isaroh, Bu Ula, Bu Titik, Bu Ida, Bu Tuhah, dan yang terakhir adalah Bu Ruh. Kegiatan ini merupakan agenda rutin tahunan yang setiap tahun akan dilaksanakan seiring siswa-siswi kelas 6 akan melaksanakan kegiatan ujian akhir madrasah dan nasional. Siswa-siswi kelas 6 merasa sangat senang dengan diadakannya kegiatan ini, sebagai rasa syukur dan mengharap barokah dari para aulia' dan wali di tanah jawa dan sekitarnya, bermunajat agar dengan diadakannya kegiatan ini selalu diberikan kemudahan dan kesuksesan dalam menjalankan dan melaksanakan ujian akhir madrasah serta ujian nasional yang berakhir pada bulan April pada tahun ini. 

Perjalanan ini dilaksanakan pada Sabtu, 12 Januari 2019 mulai pukul 08.00 (WIB)  anak-anak kelas 6 alhamdulillah bisa ikut semua sejumlah 31 siswa-siswi, perjalanan dimulai ke Makam Syeh Jumadil Kubro (Troloyo) dan dengan berbagai tujuan di kawasan Mojokerto, Jombang dan sekitarnya. Dimulai ke Troloyo adalah tujuan pertama, dilanjutkan tujuan ke 2 yakni ke K.H. Tamim Romli Pon.Pes Darul Ulum Rejoso Peterongan Jombang, namun karena ada kegiatan di area makam maka rombongan tidak diperkenankan untuk masuk, al hasil kami rombongan langsung menuju ke Tebu Ireng. 

Wisata Religi Ziarah Wali Jombangan MI Muawanah Dukuhdimoro Mojoagung Jombang

Tujuan berikutnya adalah ke Tebu Ireng Jombang yaitu keluarga besar makam K.H. Hasyim Asy'ari dan Gus Dur (KH.Abdurrahman Wachid). Alhamdulillah tujuan ke 2 ini berjalan dengan lancar, mobil rombongan langsung kami parkir di depan area parkir Masjid Ulul Albab Tebu Ireng, kemudian kami langsung menuju ke makam Keluarga Besar Pon.Pes Tebu Ireng Jombang. Area makam sangat penuh oleh para peziarah, kami menunggu sebentar terlihat rombongan yang sudah hampir selesai membaca tahlil, sekitar 5 menit berlalu, selesailah rombongan. Maka langsung kami menghampiri tempat yang telah ditempati rombongan dari MI juga sepertinya karena mereka memakai seragam batik, dan anak-anaknya seusia siswa-sisiwi kami. 

Kami membaca tahlil langsung dengan khusyu' diimami oleh Bpk. K. Muhammad Chusen, salah satu dewan asatidz senior di Yayasan Darul Muawanah Dukuhdimoro Mojoagung Jombang pengajar juga di MTs Darul Muawanah. Selesai baca tahlil di makam Tebu Ireng, langsung kami rombongan menuju ke Museum Islam Nusantara yang bertempat di belakang Masjid Ulul Albab area Pon. Pes Tebu Ireng Jombang. Kami berfoto bersama, selfie dan menikmati suasana baru di area ini. 

Wisata Religi Ziarah Wali Jombangan MI Muawanah Dukuhdimoro Mojoagung Jombang

Rombongan menuju ke tempat tujuan berikutnya adalah ke Pon.Pes Mambaul Ma'arif Denanyar Jombang yakni ke Makam Mbah K.H. Bisri Syansuri, rombongan langsung parkir mobil di jalan, padahal mobil boleh langsung masuk ke area Pon. Pes di dalam, langsung mobil kami parkir di dalam dan rombongan peziarah kami langsung menuju ke makam di area Mbah KH. Bisri Syansuri dan para keluarga. Setelah selesai kami menuju ke tujuan berikutnya yakni Makam Mbah Wahab Chasbullah, secara khusyu' kami bertahlil di makam Pon.Pes Bahrul Ulum Tambakberas, Jombang sama di makam-makam yang lain. 

Setelah itu, rombongan kami menuju pada tempat yang terakhir adalah makam Mbah Sayyid Sulaiman yang berada di Mancilan Mojoagung, Jombang. Kami langsung ke lokasi makam, dengan khusyu' pula diiimami oleh Pak Chusen, begitu kami memanggilnya. Kami merasa sangat berterima kasih atas keikhlasan Pak Chusen karena bisa ikut dan saget ngimami tahlil di acara Wisata Religi Ziarah Wali Jombangan MI Muawanah Dukuhdimoro Mojoagung Jombang. 

Baca juga : 

Yang menjadi harapan dan doa kami disetiap tempat makam adalah semoga anak-anak atau siswa-siswi di MI Muawanah semua dapat menjadi anak-anak yang sholih sholihah berbakti kepada kedua orang tua mereka, dan guru-gurunya. Khususnya anak-anakku kelas 6 semoga kalian dapat menjalani kegiatan akhir atau ujian akhir madrasah selalu diberikan kemudahan, kelancaran, dan kesuksesan yang akhirnya menjadi anak yang bermanfaat. Keluarga besar MI Muawanah Dukuhdimoro selalu mendapatkan ridlo Alloh, keluarganya diberikan keluarga yang barokah, sakinah, mawaddah, warahmah, banyak rizqi yang barokah, selalu dalam kesehatan dan usianya barokah dengan terus mengamalkan ilmu yang dipunya, sesuai slogan KEMENAG adalah (ikhlas beramal) hehehe..... 

Wisata Religi Ziarah Wali Jombangan MI Muawanah Dukuhdimoro Mojoagung Jombang

Sebagai penutup, akhirnya kami dapat membeli oleh-oleh di tujuan terakhir yakni di sekitar Makam Mbah Sayyid Sulaiman Mancilan Mojoagung Jombang. Alhamdulillah dengan membeli beberapa oleh-oleh dapat memberikan senyuman dan rasa syukur keluarga di rumah kami tercinta. 

Semoga di tahun depan kita dapat mengadakan kegiatan yang sama dengan bersama-sama lagi, dan jumlah peserta yang lebih banyak lagi. 

mi-penanggalan.blogspot.com | 13 Januari 2019 

Artikel Terkait

Wisata Religi Ziarah Wali Jombangan MI Muawanah Dukuhdimoro Mojoagung Jombang
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email