Rabu, 16 Desember 2015

Cara Tercepat Otak Menyerap Informasi




Cara Tercepat Otak Menyerap Informasi


Visual
  • rapi dan teratur 
  • berbicara dengan cepat
  • teliti terhadap detail
  • mementingkan penampilan 
  • mengingat apa yang dilihat daripada yang didengar
  • mengingat dengan asosiasi visual 
  • biasanya tidak terganggu dengan keributan 
  • mempunyai masalah untuk mengingat instruksi verbal, kecuali ditulis, sering minta bantuan orang lain untuk mengulanginya 
  • pembaca cepat dan tekun 
  • membutuhkan tujuan dan pandangan yang menyeluruh dan bersikap waspada sebelum secara mental merasa pasti tentang suatu masalah atau kegiatan 
  • mencoret-coret tanpa arti selama berbicara di telepon atau ketika mengikuti pelajaran 
  • sering menjawab pertanyaan dengan jawaban singkat "Ya" atau "Tidak" 
  • lebih suka melakukan demonstrasi daripada berpidato 
  • lebih suka seni daripada musik 
  • seringkali mengetahui apa yang harus dikatakan, tetapi tidak pandai memilih kata-kata 
  • kadang-kadang kehilangan konsentrasi ketika mereka ingin memperhatikan 

Auditorial 

  • berbicara pada diri sendiri ketika bekerja 
  • mudah terganggu oleh keributan 
  • menggerakkan bibir dan mengucapkan tulisan ketika membaca 
  • senang membaca dengan keras dan mendengarkan 
  • dapat mengulangi kembali dan menirukan nada, birama dan warna suara 
  • merasa kesulitan untuk menulis tetapi hebat dalam bercerita 
  • berbicara dalam irama yang terpola 
  • biasanya pembicara yang fasih 
  • lebih suka musik daripada seni 
  • belajar dengan mendengarkan dan mengingat apa yang didiskusikan daripada yang dilihat 
  • suka bercerita 
  • suka berdiskusi dan menjelaskan sesuatu panjang lebar
  •  lebih pandai mengeja dengan keras daripada menuliskannya 
  • lebih suka gurauan lisan daripada membaca komik 
Kinestetik 
  • menanggapi perhatian fisik 
  • menyentuh orang untuk mendapat perhatian mereka 
  • berdiri dekat ketika berbicara dengan orang
  • selalu berorientasi pada fisik dan banyak bergerak 
  • mempunyai perkembangan awal otot-otot yang besar 
  • belajar melalui manipulasi dan praktek 
  • menghafal dengan cara berjalan dan melihat 
  • menggunakan jari sebagai penunjuk ketika membaca 
  • banyak menggunakan isyarat tubuh 
  • tidak dapat duduk diam untuk waktu lama
  • tidak dapat mengingat geografi, kecuali jika mereka memang telah pernah berada di tempat itu
  • mencerminkan aksi dengan gerakan tubuh saat membaca 
  • memiliki tulisan yang jelek 
  • ingin melakukan segala sesuatu 
  • menyukai permainan yang menyibukkan 

Cara Tercepat Otak Menyerap Informasi

Mengajarkan Anak Visual

  • gunakan kertas tulis dengan tulisan berwarna daripada papan tulis
  • dorong anak untuk menggambarkan informasi, dengan menggunakan peta, diagram, dan warna Berikan waktu untuk  membuatnya.
  • berdiri tenang saat menyajikan segmen informasi; bergeraklah diantara segmen
  • bagikan salinan frase-frase kunci atau garis besar pelajaran, sisakan ruang kosong untuk catatan
  • beri kode warna untuk bahan pelajaran, dan perlengkapan, dorong siswa menyusun pelajaran mereka dengan aneka warna. 
  • gunakan bahasa ikon dalam presentasi anda, dengan menciptakan simbol visual atau ikon yang mewakili konsep kunci 

Mengajarkan Anak Auditorial

  •  gunakan variasi vokal (perubahan nada, kecepatan, dan volume) dalam presentasi 
  • gunakan pengulangan, minta anak menyebutkan kembali konsep kunci dan petunjuk 
  • setelah setiap segmen pengajaran, mintalah anak memberitahukan teman di sebelahnya satu hal yang dia pelajari
  • nyanyikan konsep kunci atau minta anak mengarang lagu/rap mengenai konsep itu 
  • kembangkan dan dorong anak untuk memikirkan jembatan keledai untuk menghafal konsep kunci 
  • gunakan musik sebagai aba-aba untuk kegiatan rutin (misalnya musik sirkus untuk membersihkan pekerjaan) 

Mengajarkan Anak Kinestetik 

  • gunakan alat bantu saat mengajar untuk menimbulkan rasa ingin tahu dan menekankan konsep-konsep kunci 
  • ciptakan simulasi konsep agar anak mengalaminya
  • jika bekerja dengan anak perseorangan, berikan bimbingan paralel dengan duduk di sebelah mereka 
  • cobalah berbicara dengan setiap anak secara pribadi setiap hari sekalipun hanya salam kepada para anak saat mereka masuk atau "Ibu senang kamu berpartisipasi" saat mereka keluar kelas
  • peragakan konsep sambil memebrikan kesempatan kepada anak untuk mempelajarinya langkah demi langkah 
  • ceritakan pengalaman pribadi mengenai wawasan belajar Anda kepada anak, dan dorong mereka untuk melakukan hal yang sama 
  • izinkan anak berjalan-jalan di kelas
Demikian postingan yang saya tuliskan di kesempatan  dan judul postingan yang lain akan saya tuliskan dengan lebih unik dan keren lagi. terima kasih 










Artikel Terkait

Cara Tercepat Otak Menyerap Informasi
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email