Senin, 15 Februari 2016

Jangan Biarkan Anak Kurang Tidur Gara-Gara Gadget




Jangan Biarkan Anak Kurang Tidur Gara-Gara Gadget 
Ilustrasi anak main gadget 

INFORMASI PENDIDIKAN, GURU DAN PELAJAR | Jangan biarkan anak kurang tidur. Sebab kurang tidur itu bisa membuat anak lekas tersinggung, kurang bisa memberikan perhatian pada pelajaran, mengalami masalah perilaku, dan bahkan masalah kesehatan. 


Banyak orang tua kemudian menyalahkan teknologi dan gadget yang mengganggu jam tidur anak. Itu bisa saja terjadi, meski bukan jawaban atas semua persoalan tidur anak. 

Tapi katakanlah, Anda anak termasuk yang sulit mengatur penggunaan gadget atau perangkat teknologi, berikut ini ada beberapa tips untuk mengatur itu, supaya jam tidur anak tak terganggu. 

1. Dorong kegiatan fisik ketimbang screen time setelah pulang sekolah. 
Screen time itu artinya waktu yang dipakai untuk menggunakan sebuah perangkat teknologi, seperti komputer, televisi, atau konsol game. Nah, ada tuh anak yang sepulang sekolah lebih banyak menghabiskan waktu dengan smartphone atau komputernya. Nah, dorong anak supaya lebih banyak melakukan aktivitas fisik, seperti olahraga, menyapu rumah, membersihkan halaman, dan sebagainya.

2. Jauhkan perangkat/gadget dari tempat tidur
Cahaya biru yang terpancar dari laptop, tablet, atau smartphone diduga telah menginterupsi pola tidur. Aturlah supaya penggunaan gadget/perangkat hanya ada di ruang lain, seperti ruang keluarga.

3. Jauhkan anak dari konten kekerasan
Khususnya bagi anak-anak di bawah usia 8 tahun, melihat kekerasan di televisi, video game, atau di film, bisa menimbulkan gangguan tidur pada anak. Mereka bisa mengalami ketakutan bahkan mimpi buruk, yang akan mengganggu tidur mereka. 

4. Keluarkan televisi dari kamar
Banyak sekali keluarga yang meletakkan televisi di kamar tidur. Tapi jelas sekali ada hubungan antara televisi dan gangguan tidur. Anak-anak mungkin tak akan dapat tidur selama televisi masih menyala. 

5. Jadikan kamar tidur sebagai area tanpa konektivitas
Maksudnya, di ruang tidur tak boleh jadi tempat untuk terkoneksi ke dunia maya. Tetapkan area untuk beraktivitas online adalah di ruang keluarga, atau kamar lain. Anak-anak tak boleh men-charge gadget-nya di kamar. 

6. Kurangi screen time sebelum tidur
Tetapkan beberapa waktu sebelum tidur tak boleh lagi mengakses gadget. Supaya transisinya mulus, bikin rutinitas yang tenang sebelum tidur, misalnya membaca buku. Kalau ini bisa jadi kebiasaan, anak-anak akan bebas dari gangguan yang ada di dunia maya. 

7. Andalah contoh
Mau seserius apapun Anda mencoba menjauhkan anak dari gadget sebelum tidur, kalau tak memberikan contoh dari diri sendiri, maka upaya itu akan sulit. Terapkan semua aturan itu pada diri Anda sendiri, dan yakinlah, anak-anak akan dengan mudah diajari.

[ mi-penanggalan.blogspot.com | Senin, 15 Februari 2016 ] 

Artikel Terkait

Jangan Biarkan Anak Kurang Tidur Gara-Gara Gadget
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email