Selasa, 22 Desember 2015

Upacara Bendera Sebagai Latihan Disiplin Bagi Siswa




Upacara Bendera Sebagai Latihan Disiplin Bagi Siswa

Kegiatan upacara bendera pada hari Senin merupakan agenda sekolah-sekolah pada jenjang keseluruhannya, pada kegiatan tersebut banyak sekali nilai-nilai pendidikan yang dapat diperoleh dan diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari di rumah maupun di sekolah. Salah satunya adalah seperti baris lurus, menyiapkan dirinya dengan teman-teman yang lain. Para petugas upacara dapat melaksanakan engan baik apa yang telah menjadi tanggung jawabnya, seperti pengibar bendera, pemimpin upacara, pembaca UUD 1945, petugas dirigen dan petugas-petugas yang lain. 
Semua para pendidik menginginkan siswanya untuk mengemban tugas dengan baik, dari kegiatan tersebut anak-anak akan merasakan secara tidak langsung manfaat dari kegiatan upacara bendera dan baris di setiap harinya di sekolah. 
Ketika sedang baris tidak boleh berbicara dengan teman di sebelahnya karena perbuatan ini bisa mengganggu  jalannya upacara, dikarenakan suara yang gaduh dan tidak tertib. Oleh karena itu, dari kegiatan yang semacam ini anak-anak tanpa disadari sudah melatih dirnya untuk melakukan disiplin diri pada kegiatan yang ada di rumah maupun di sekolah. selain kegiatan upacara masih banyak lagi kegiatan yang ada di sekolah untuk melatih kedisiplinan siswa untuk menjadi siswa-siswi yang mempunyai nilai baik dan akhlaqul karimah juga. 
Banyak sekali, manfaat yang didapatkan dari kegiatan tersebut. maka ketika kegiatan ini sebelum dilakukan harus dilatih dahulu dengan baik, agar mereka dapat melakukan dengan maksimal ketika pada hari pelaksanaan.  
Pada kelas-kelas tertentu, harus didampingi oleh guru kelasnya karena kalau tidak maka akan sangat gaduh dan mengganggu perjalanannya kegiatan upacara bendera pada hari Senin dan hari-hari besar lainnya. 
Demikian postingan kami, semoga dapat bermanfaat bagi semua kalangan.
*) Ditulis oleh Ahmad Khotib guru di MI Muawanah Mojoagung Kabupaten Jombang Jawa Timur
*) mi-penanggalan.blogspoot.co.id 
*) Selasa, 22 Desember 2015 

Artikel Terkait

Upacara Bendera Sebagai Latihan Disiplin Bagi Siswa
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email