Senin, 07 Maret 2016

Bagaimana Kalau Anak Takut Binatang?




Bagaimana Kalau Anak Takut Binatang? 
Dokumentasi Psikologi Anak 

INFORMASI PENDIDIKAN DAN GURU |  Seiring dengan tumbuh kembang anak, satu yang membuatnya takut adalah binatang. Di sini, peran orang tua sangat penting untuk mengenalkan berbagai binatang, agar si kecil tidak menghindari dan ketakutan sampai besar nanti. 


Pada awalnya, pasti sulit meyakinkan anak bahwa tidak semua binatang mengerikan. Langkah yang perlu dilakukan Ayah Bunda adalah berikan pengetahuan secara bertahap. Bisa dengan cara membawa binatang yang cocok untuk dipelihara. Seperti ikan, kucing, anjing atau burung.

Hal yang juga penting diperhatikan adalah memberi edukasi pada anak, jenis binatang apa saja yang boleh dipelihara dan tidak. Secara perlahan anak akan mulai memahami, dia boleh berdekatan dengan jenis binatang seperti apa.

Meski begitu yang harus disadari, anak pasti butuh waktu. Ingatlah bahwa mereka baru lahir ke dunia ini. Begitu lahir, yang dilihatnya hanya Ayah dan Bunda.

Sesuatu yang baru dilihat, pasti terasa asing. Bahkan orang asing pertama mungkin menakut-nakuti anak-anak tergantung pada bagaimana mereka terlihat. Secara bertahap, ketika si kecil membiasakan untuk tahu lebih banyak tentang dunia di sekitar, ia mungkin menyadari apa yang berbahaya dan apa yang tidak.

Jadi, hal yang bisa dilakukan Ayah Bunda adalah mengenalkan secara perlahan binatang-binatang yang berbahaya yang tidak. Nantinya, dia akan bisa akrab seiring waktu. 

mi-penanggalan.blogspot.co.id | 7 Mar 2016 

Artikel Terkait

Bagaimana Kalau Anak Takut Binatang?
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email