Selasa, 08 Desember 2015

Teknik Membaca Cepat Anak




TEKNIK MEMBACA CEPAT PADA ANAK 


Teknik Membaca Cepat Anak

Dengan semakin banyaknya mata pelajaran dan juga tingkat kesulitannya yang makin tinggi, sebaiknya Anda meningkatkan kecepatan membaca anak sedikit demi sedikit. Kecepatan rata-rata orang membaca  adalah 200 kata/menit. Dengan teknik membaca cepat , kecepatan rata-rata membaca dapat ditingkatkan  100 - 200 % dari kecepatan normal. Yang harus dilakukan dalam teknik ini adalah :

1. Latih koordinasi mata
Latih anak untuk mengoordinasikan matanya saat membaca. Tahukah anda bahwa mata kita hanya menangkap informasi ketika berhenti bergerak. Dengan begitu pada waktu kita membaca, apabila Anda merasa mata Anda tak pernah berhenti bergerak sama sekali saat membaca , itu adalah perasaan yang keliru. Karena sebenarnya saat membaca mata kita mengalami beberapa jeda. Yaitu bergerak - stop- membaca-bergerak-stop-membaca dan seterusnya. Tidak percaya ? Duduklah berhadapan dengan orang yang membaca dan perhatikan gerakan mata mereka. Gerakan mata mereka pasti memiliki pola yang sama dengan teori di atas. Dengan demikian bisa disimpulkan bahwa kunci membaca cepat adalah meminimumkan jumlah gearakan mata berhenti dan pada saat yang sama memaksimalkan jumlah kata yang terbaca dalam setiap satu putaran gerakan mata.
Mulailah dengan hal sederhana. Minta anak menghitung jumlah tanda baca dalam sebuah bacaan dan menggolongkannya (misal 14 koma, 12 titik, 3 tanda tanya, satu tanda seru).

2. Jangan membaca per kata
Secara umum orang membaca dengan tiga cara yang berbeda.Pertama : ketika membaca satu halaman buku , mata si pembaca mencari dan membaca satu per satu kata
dalam satu halaman tersebut. Kita sering beranggapan bahwa cara ini sangat efektif. Namun yang pasti  cara ini sangat melelahkan jika kita disuruh membaca tiga buku sekaligus dalam waktu semalam. Kedua : pembaca yang mengelompokkan kata dalam satu grup. Ketiga : pembaca menyadari bahwa sebenarnya dalam satu halaman itu hanya akan terdapat beberapa bagian  kunci saja yang berguna baginya, sehingga ketika membaca, matanya melakukan gerakan cepat atau  diistilahkan pemindaian atau scan halaman buku baik secara horisontal atau vertikal pada saat yang  bersamaan.
Cara baca yang paling bijaksana adalah mengombinasikan tiga pola itu. Pertama gunakan pola baca ketiga untuk menemukan informasi yang dicari. Lalu gunakan cara baca kedua dan pertama untuk lebih memahami bagian yang penting dari bacaan. Dengan cara ini maka energi anak saat membaca hanya dihabiskan untuk bagian yang paling berguna saja dari bacaan. Namun untuk mengubah kebiasaan cara baca pertama ke cara baca kedua dan ketiga mengharuskan anak
untuk mengubah strategi membaca visualnya. Artinya Anda harus menghentikan kebiasaan Anak yang mengucapkan bacaan kembali dalam hati dan mencoba untuk mempercayai gerakan mata. Apakah hal ini sulit dilakukan ? Sebenarnya tidak. Perubahan cara membaca baru bisa sukses kalau anak juga mengubah proses mentalnya pada waktu membaca ; Dari melihat, lalu mengucapkan, jadi mengerti....... menjadi .....hanya melihat, menjadi mengerti.
Tapi bila Anda sendiri masih beranggapan bahwa cara ini bukan 100% membaca, maka berarti pikiran Anda masih beranggapan bahwa definisi membaca adalah mencari satu persatu kata dan mengucapkannya kembali dalam hati. Jadi cobalah teknik ini dan buktikan sendiri keefektifannya. Cara paling cepat untuk menghentikan kebiasaan anak yang suka mengucapkan bacaan dalam hati adalah meningkatkan kecepatan membacanya sedemikian rupa sehingga ia tidak dapat diucapkan kembali di dalam hati. 
Hal ini berarti anak merubah strategi membacanya dari kata perkata menjadi menjadi satu grup kata dalam tiap gerakan mata. Cobalah agar anak anda mau melakukannya. Ia pun akan segera sadar bahwa ia tetap membaca namun dengan cara yang berbeda.
Namun membaca cepat saja tentu belum cukup, anak juga harus paham dengan materi yang dibacanya.Karena itu setelah membaca, uji daya ingatnya dengan memberi pertanyaan sesuai bacaan 
Ada beberapa teknik dalam membaca cepat :
1. Scanning : yaitu melihat pada rangkaian teks tertentu untuk menemukan informasi yang spesifik. Hal ini bisadilakukan dengan menyimak daftar isi, kata pengantar atau bagian-bagian lainnya. Bisa juga dengan melihat kata-kata kunci atau poin-poin penting.
2. Skimming : yaitu melihat sekilas pada bagian awal dan akhir sebuah tulisan dan kesimpulan pada akhir tulisan. Hal ini didasari teori menulis yang mengajarkan untuk memuat gagasan utama pada bagian awal dan  kesimpulan pada akhir tulisan .
Teknik-teknik ini sangat berguna bagi anak bila diharuskan mencari bahan laporan atau menyusun makalah.




Artikel Terkait

Teknik Membaca Cepat Anak
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email