Teknik Penulisan
TES TERTULIS
Pembahasan
PENILAIAN
ALUR DAN LANGKAH-LANGKAH
KISI-KISI
INDIKATOR
TES TERTULIS
Nilai, Skor dan Bobot
Perihal soal dan contoh soal
PENILAIAN
Proses pengumpulan dan pengolahan informasi untuk
mengetahui/mengukur pencapaian hasil belajar peserta didik
Istilah
Permen Tentang Standar Penilaian
PERMENDIKNAS
Nomor 20 Tahun 2007
Tentang Standar Penilaian
PERMENDIKBUD
Nomor 66 Tahun 2013
Tentang Penilaian Pendidikan
Permendikbud 104 / 2014
Permendiknas No. 20 Thn. 2007
Penilaian OLeh Guru
Pengertian
TES :
Adalah himpunan pertanyaan yang harus di
jawab, atau pernyataan-pernyataan yang harus dipilih/ditanggapi, atau
tugas-tugas yang harus dilakukan oleh yang dites dengan tujuan untuk mengukur
suatu aspek.
Tujuan TES
Diagnosa peserta didik/siswa (kekuatan dan kelemahan)
Menilai kemampuan siswa (ketrampilan dan pengetahuan atau
pemahaman)
Sertifikasi
Seleksi
Monitoring standar pendidikan
TEKNIK PENILAIAN
Tingkatan Tes Tertulis
Pengertian
TES
TERTULIS
Tes dimana soal dan jawaban dalam bentuk
bahan tulisan
( dalam menjawab soal, siswa tidak selalu
harus dalam bentuk menulis kata atau kalimat, tetapi juga dapat dalam bentuk
mewarnai, diagram,menggambar, dan lain-lain )
TES TERTULIS
Tujuan
tes PG : Menilai dalam hal mengingat dan memahami.
Tujuan
tes Isian dan Uraian : Menilai dalam hal mengingat,
memahami dan mengembangkan olah pikir.
B. ALUR DAN
LANGKAH-LANGKAH PENULISAN PENILAIAN / TES
Langkah-langkah / Tahapan Tes Tertulis
Menentukan SEBARAN
/ Identifikasi pada SK / KI dan KD :
Soal Pilihan
Ganda, Soal Isian, Uraian atau lainnya
dengan prinsip MERATA
dan tingkat BOBOT
Penulisan pada KISI-KISI dan Kunci Jawaban
Penulisan / perakitan soal-soal dan Pedoman Penskoran
Penelaahan / Editing / Validasi
Penggandaan / Cetak
Penyajian tes kepada peserta didik
C. KISI-KISI
Pengertian Kisi-kisi
Kisi-kisi adalah suatu format atau matriks
yang memuat informasi yang dapat dijadikan pedoman untuk menulis tes atau
merakit tes
FUNGSI DAN SYARAT KISI-KISI
*Fungsi
l
Pedoman penulisan soal
l
Pedoman perakitan soal
*Syarat
l
Mewakili isi kurikulum
l
Singkat dan jelas
l
Soal dapat disusun sesuai dengan bentuk
soal.
l
Lembar/Format Kisi-kisi Soal
Lembar Format KISI-KISI penulisan soal dan Lembar KARTU SOAL
(terpisah)
Lembar FORMAT KISI-KISI penulisan soal sekaligus termuat
Rumusan soal/
KARTU SOAL.
D.
INDIKATOR
l
INDIKATOR SOAL
1. Indikator soal sebagai pertanda atau indikasi
pencapaian kompetensi
2. Indikator mengacu pada materi pembelajaran sesuai
kompetensi
3.
Menggunakan KATA KERJA OPERASIONAL (KKO) yang dapat diukur
4. Menggunakan satu KKO untuk tes PG sedangkan
satu atau lebih untuk tes UO
5. Dapat dibuat soalnya dan di buat pengecohnya
untuk soal PG.
l
MODEL PENULISAN INDIKATOR Soal PG
Disajikan STIMULUS (pernyataan) berupa
NARASI/TABEL/PETA, dll. terlebih dahulu, kemudian pertanyaan.
Di awal kalimat secara langsung ditempatkan AUDIENCE,
BEHAVIOR, CONDITION dan DEGREE.
l KOMPONEN
soal PG dgn
Stimulus
Perhatikan iklan
berikut!
Dijual
sebidang tanah di kota Metro, luas 4 ha. Baik untuk industri. Hubungi telp.
021878594908.
Iklan di atas termasuk jenis iklan ....
a.
permintaan
b.
propaganda
c. pengumuman
d. penawaran*
l
Indikator
Kata Kerja Operasional yang
sering digunakan:
1. Pilihan Ganda :
- Menentukan, menunjukkan
2. Isian dan jawaban singkat :
- Menyebutkan, memberi contoh, mengetahui
3. Uraian :
- Menjelaskan, menghitung, menguraikan
E. TES TERTULIS
SOAL PILIHAN GANDA yaitu soal dan jawaban sudah disediakan beberapa
pilihan, peserta tes memilih satu jawaban yang paling benar.
l
KAIDAH BENTUK SOAL PG
A.
MATERI :
1. Soal harus sesuai dengan indikator
2. Pilihan Jawaban harus homogen dan
logis.
3. Setiap jawaban harus mempunyai
jawaban yang paling benar
l KAIDAH
BENTUK SOAL PG
B.
KONSTRUKSI :
1. Pokok soal harus jelas dan tegas
2. Pokok soal harus yang diperlukan
3. Pokok soal jangan memberi petunjuk
secara jelas ke jawaban yang benar
4. Pokok soal jangan mengandung
pernyataan negatif
l KAIDAH
BENTUK SOAL PG
5. Panjang rumusan jawaban
pilihan
relatif sama
6. Pilihan jawaban jangan
mengandung
pernyataan
“Semua pilihan jawaban
di atas adalah salah/benar”.
7. Pilihan jawaban bentuk angka
harus
diurutkan kecil besarnya.
8. Gambar, grafik, tabel,
diagram, dll
harus terbaca jelas
9. Butir materi soal jangan
bergantung pada
jawaban soal sebelumnya.
l KAIDAH
BENTUK SOAL PG
C.
BAHASA :
1. Setiap soal jawaban harus menggu-
nakan kaidah bahasa Indonesia.
2. Janga menggunakan kata atau frase
yang berlaku setempat, jika
digunakan untuk daerah lain
3. Pilihan jawaban jangan mengulang
kata atau frase yang bukan merupa-
kan satu kesatuan pengertian. Letakkan
pada pokok soal.
l
Tes Pilihan Ganda
Secara umum, setiap soal pilihan ganda terdiri dari :
1. Pokok Soal (stem)
2. Jawaban
(option) :
a. Satu jawaban yang benar (key)
b. Jawaban pengecoh (distractor)
l KOMPONEN
soal PG dengan
Stimulus
Perhatikan iklan
berikut!
Dijual
sebidang tanah di kota Metro, luas 4 ha. Baik untuk industri. Hubungi telp.
021878594908.
Iklan di atas termasuk jenis iklan ....
a.
permintaan
b.
propaganda
c. pengumuman
d. penawaran*
l
JENIS SOAL PG
l
Pokok Soal (stem) berupa pertanyaan /
perintah
l
Pokok soal (stem) berupa pernyataan
Bentuk Soal
lBentuk
Soal Isian
Pengertian : Adalah soal yang
menuntut peserta tes untuk memberikan jawaban singkat, berupa kata, frase,
angka, atau simbol.
Keunggulan : Dapat mencakup materi yang
banyak dan dapat diskor dengan mudah, cepat, dan objektif, serta mudah
menyusunnya.
Keterbatasan :
Cenderung mengukur kemampuan mengingat (simple recall)
l
Bentuk Soal Isian
Jenis Soal Isian :
Melengkapi
Asosiasi
l Kaidah
Penulisan Soal Isian
•
Soal harus sesuai dengan indikator
•
Soal harus menggunakan bahasa yang baik
dan benar, kalimat singkat dan jelas.
•
Jawaban harus singkat dan pasti yaitu
berupa kata, frase, angka, simbol, tempat, atau waktu, dan lain-lain
•
Soal tidak merupakan kalimat yang
dikutip langsung dari buku
•
Soal tidak memberi petunjuk ke kunci
jawaban
•
Bagian kalimat yang harus dilengkapi
sebaiknya hanya satu bagian rasio butir soal dan paling banyak dua bagian,
supaya siswa tidak bingung.
l Contoh
Soal Bentuk Isian
•
MELENGKAPI :
Gunung Merapi terletak di Propinsi ....
(Kunci jawaban : Jawa Tengah)
Perhatikan jumlah titik-titik : ada 4
titik
l Contoh
Soal Bentuk Isian
b.
ASOSIASI
Pada titik-titik di sebelah kanan dari
setiap lagu daerah, tuliskan asal lagu tersebut !
Lagu Daerah Daerah
1. Keroncong ….
2. Ayam Den Lapeh ….
3. Manuk Dadali ….
4. Tanduk Majeng ….
5. Suwe Ora Jamu ….
Bentuk Soal
l Bentuk
Soal Jawaban Singkat
Pengertian :
Soal dan jawaban berupa kata, kalimat pendek, atau frase terhadap suatu
pertanyaan.
Keunggulan : Dapat mencakup
lingkup materi yang banyak dan dapat diskor dengan mudah, cepat, serta
objektif.
Keterbatasan : Cenderung megukur
kemampuan mengingat (simple recall)
l Bentuk
Soal Jawaban Singkat
Kaidah
Penulisan Soal Jawaban Singkat :
•
Menggunakan kalimat pertanyaan langsung
atau kalimat perintah.
•
Pertanyaan atau perintah harus jelas,
agar mendapat jawaban yang singkat
•
Panjang kata atau kalimat yang harus
dijawab oleh siswa pada semua soal diusahakan relatif sama.
•
Hindari penggunaan kata, kalimat, atau
frase yang diambil dari buku paket, sebab akan mendorong siswa untuk sekedar
menghafal/mengingat dari buku.
l Contoh
Soal Bentuk Jawaban Singkat
Contoh soal kurang baik :
•
Bagaimanakah susunan pengurus suatu
koperasi ? (kalimat pertanyaan)
•
Tulislah susunan pengurus suatu
koperasi !
(kalimat perintah)
Contoh soal lebih baik :
•
Siapakah pemegang kekuasaan tertinggi
dalam koperasi ?
•
Sebutkan pemegang kekuasaan tertinggi
dalam koperasi !
Bentuk Soal
SOAL URAIAN adalah soal yang jawabannya menuntut
peserta tes untuk mengorganisasikan gagasan atau hal-hal yang telah dipelajarinya
dengan cara mengemukakan gagasan tersebut dalam bentuk tulisan.
l Jenis
Soal Uraian
Berdasarkan penskorannya,
diklasifikasikan atas :
•
Uraian Objektif : Soal yang menuntut
sehimpunan jawaban dengan pengertian/konsep tertentu, sehingga penskorannya
dapat diukur objektif
•
Uraian Non Objektif (Subjektif) : Soal
yang menuntut sehimpunan jawaban dengan pengertian/konsep menurut pendapat
siswa masing-masing, sehingga penskorannya subjektif
l KAIDAH TES
URAIAN
•
Materi :
•
Soal sesuai dengan indikator
•
Batasan pertanyaan dan jawaban yang diharapkan sudah sesuai
•
Materi yang ditanyakan sesuai dengan tujuan pengukuran
•
Isi materi yang ditanyakan sesuai
dengan jenjang jenis sekolah atau tingkat kelas
l KAIDAH TES
URAIAN
B. KONSTRUKSI
•
Menggunakan kata tanya atau perintah
yang menuntut jawaban uraian
•
Ada petunjuk yang jelas tentang cara
mengerjakan soal
•
Ada pedoman penskorannya
•
Tabel, gambar, grafik, peta, atau yang
sejenisnya disajikan dengan jelas dan terbaca
l KAIDAH TES
URAIAN
C. BAHASA
•
Butir soal menggunakan bahasa Indonesia
yang baku
•
Tidak menggunakan kata/ungkapan yang
menimbulkan penafsiran ganda atau salah pengertian
•
Tidak menggunakan bahasa yang berlaku
setempat/tabu
•
Rumusan soal tidak mengandung
kata/ungkapan yang dapat menyinggung
perasaan siswa
BOBOT,
SKOR,
NILAI
l
BOBOT
SOAL adalah tingkat kerumitan/kemudahan yang
ditetapkan untuk suatu butir soal dalam perbandingan (ratio) dengan butir soal
lainnya dalam satu perangkat tes. (KUALITATIF)
l
SKOR SOAL adalah besarnya
angka yang ditetapkan untuk suatu butir soal dalam perbandingan (ratio) dengan
butir soal lainnya dalam satu perangkat tes.
(KUANTITATIF)
l
NILAI
NILAI : besarnya
angka yang diperoleh dalam satu tes merupakan hasil akhir dari skor yang
diperoleh dibagi skor maksimal kali seratus (jika nilai ratusan)
l
Contoh
: Komposisi soal dalam Ulangan
l
SKOR DAN NILAI
l
Contoh
l Cara Membuat Jawaban / OPTION Yang Baik
l
Jawaban yang paling umum dimengerti
oleh peserta didik
l
Gunakan kata2 yang kedengarannya sama
(atmosfer, troposfer, biosfer, dll)
l Gunakan
bahasa baku
Contoh Soal
l Contoh
Soal PG dengan Stimulus
Sebuah taman berbentuk persegi panjang,
didalamnya terdapat kolam. Panjang kolam adalah 3 m lebih panjang daripada
lebarnya dan memiliki luas 130 m2. Jika di sekeliling kolam ditanami
bunga dengan lebar 2 m, maka ukuran
panjang taman tersebut adalah....
•10 m
• 12 m
• 13 m
• 14 m
• 17 m
l Tugas Anda
l Membuat soal (Latihan)
MODEL PENULISAN INDIKATOR SOAL PILIHAN GANDA
4/
5
Oleh
INFORMASI PENDIDIKAN