Jumat, 01 Juli 2016

Berikan Anak Mainan Sungguhan Bukan Gadget




Berikan Anak Mainan Sungguhan Bukan Gadget

INFORMASI PENDIDIKAN DAN GURU | Mainan yang fisiknya bisa disentuh oleh anak merupakan media yang baik untuk tumbuh kembang anak. Hal ini dikatakan Psikolog anak, Anna Surti. Menurutnya, usia kanak-kanak adalah usia yang tepat untuk mengembangkan kemampuan fisik dan psikis melalui mainan.

Kebanyakan anak sekarang justru senang bermain permainan yang ada di dalam gadget. Sedangkan mainan di gadget hanya membuat anak menggerakkan beberapa jarinya saja. Begitu pula dengan orang tua, mereka lebih senang ketika anak mereka diam dengan bermain gadget.

"Mengamati anak dengan gadget yang aktif cuma beberapa jari, padahal anak harus mengaktifkan seluruh tubuhnya. Tidak hanya untuk perkembangan fisik tapi juga kecerdasan psikologis," kata Anna yang mi-penanggalan.blogspot.co.id kutip dari Republika (26/06/2016).


Dicontohkannya, mobil-mobilan di dalam tablet hanya bisa dirasakan anak dalam bentuk dua dimensi. Hal tersebut sangat berbeda dengan mobil-mobilan sungguhan yang bisa dirasakan anak mulai bentuk bodi hingga rodanya yang bergeser.

"Ini bisa menstimulasi sensitivitas anak. Perkembangan anak akan terstimulasi secara kognitif," kata Anna.

Menurutnya, secara emosional mainan dapat mengeluarkan energi positif dan mengurangi energi negatif. Orang tua bahkan bisa mengajarkan anak membanting mainan ke tempat yang aman untuk mengeluarkan emosi negatif.

Artikel Terkait

Berikan Anak Mainan Sungguhan Bukan Gadget
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email